KUALITAS ISI, RETORIKA, DAN KEBAHASAAN PADA TULISAN ESAI EKSPOSITIF SISWA KELAS X SMK SATRIA KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ARWANI, ANJU KUALITAS ISI, RETORIKA, DAN KEBAHASAAN PADA TULISAN ESAI EKSPOSITIF SISWA KELAS X SMK SATRIA KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JURNAL KUALITAS ISI, RETORIKA, DAN KEBAHASAAN PADA TULISAN ESAI EKSPOSITIF SISWA KELAS X SMK SATRIA KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

[img] Text
ARTIKEL REPOSITORY.pdf

Download (343kB)

Abstract

ABSTRAK Arwani, A. 2018. Kualitas Isi, Retorika, dan Kebahasaan Pada Tulisan Esai Ekspositif Siswa Kelas X SMK Satria Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Herman Budiyono, M. Pd., (2) Dr. Drs. Ade Kusmana, M. Hum. Kata kunci: kualitas isi, retorika dan kebahasaan, esai ekspositif Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas tulisan esai ekspositif oleh siswa kelas X SMK Satria Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan unsur penulisan esai ekspositif berdasarkan 3 unsur yaitu (1) pemaparan isi, (2) penerapan retorika, dan (3) penerapan kebahasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian ini adalah tulisan esai ekspositif siswa kelas X SMK Satria Kota Jambi yang berjumlah 9 orang. Data dalam penelitian ini adalah kualitas tulisan esai ekspositif yang dibuat oleh siswa kelas X SMK Satria Kota Jambi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menyusun data yang telah diklasifikasikan sebagai berikut : (1) pemaparan isi, (2) penerapan retorika, dan (3) penerapan kebahasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas tulisan esai ekspositif siswa kelas X SMK Satria Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018 yakni berkualitas kurang baik. Rincian (1) kualitas pemaparan isi tulisan dengan nilai rata-rata 39.4 berkategori kurang baik,(2) kualitas penerapan retorika dengan nilai rata-rata 36.6 berkategori kurang baik, dan (3) kualitas penerapan kebahasaan dengan nilai rata-rata 41 berkategori cukup baik. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa skor yang diperoleh dari perhitungan 2 peneliti yaitu : peneliti 1 peneliti dan peneliti 2 guru bahasa Indonesia kelas X SMK Satria Kota Jambi bahwa secara umum kualitas tulisan esai ekspositif siswa berkategori kurang baik. Dan secara khusus berdasarkan unsur pemaparan isi berkategori kurang baik, penerapan retorika berkategori kurang baik, dan penerapan kebahasaan berkategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bahasa Indonesia SMK Satria Kota Jambi perlu meningkatkan kualitas pengajaran dalam menulis esai ekspositif khususnya berdasarkan unsur pemaparan isi tulisan, penerapan retorika, dan penerapan kebahasaan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANJU ARWANI
Date Deposited: 20 Sep 2018 02:09
Last Modified: 20 Sep 2018 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5367

Actions (login required)

View Item View Item