ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS BUDAYA JAMBI DI SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

SeptyaniZuhria, Tia ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS BUDAYA JAMBI DI SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS BUDAYA JAMBI DI SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.

[img] Text
TIA SEPTYANI ZUHRIA (A1A214034) -ARTIKEL.pdf

Download (695kB)

Abstract

ABSTRAK Zuhria, Tia Septyani. 2018. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Sejarah Lokal Berbasis Budaya Jambi di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi. Pembimbing (I) : Dr. Drs. H. Firman Khaidir, M. Si,. Pembimbing (II) : Reka Seprina, S. Pd., M. Pd,. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Kata kunci : Analisis kebutuhan, Bahan Ajar Sejarah lokal , Berbasis Budaya Budaya Jambi yang belum diintegrasikna kedalam bahan ajar, Bahan ajar yang selama ini digunakan dalam pembelajarn IPS di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi berfokus pada buku teks tanpa materi sejarah lokal memuat budaya jambi, ketersediaan bahan ajar sejarah disekolah masih minim. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ketersediaan bahan ajar sejarah lokal berbasis budaya Jambi di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. (2) Mengetahui kebutuhan bahan ajar sejarah lokal jambi di SMP Islam Al-falah Kota Jambi. (3) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam membuat bahan ajar sejarah lokal berbasis budaya Jambi di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan 3 kriteria kepercayaan (credibility), keterikatan (dependability), dan kepastian (confirmability). Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data. Hasil penelitian yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dapat sebagai berikut 1) Bahan ajar yang selama ini digunakan dalam pembelajarn IPS di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi berfokus pada buku teks tanpa ada materi atau bahan ajar sejarah lokal memuat budaya Jambi, 2) Guru dan siswa membutuhkan Bahan Ajar Sejarah Lokal Berbasis Budaya Jambi bervariasi, dalam hal ini muatan materi untuk bahan ajar sejarah lokal berbasis Budaya Jambi berupa Sejarah Jambi, Adat Isitiadat, Tradisi, Kesenian yang cukup relevan dengan materi sudah ada, yang dapat dikaitkan dengan KI dan KD mata pelajaran IPS sesuai dengan lingkungan siswa yang mudah dijumpai karena dapat menarik minat siswa, 3) kendala yang dihadapi guru antara lain; alokasi waktu yang terbatas, keterbatan sumber sejarah, tidak ada pelatihan pembuatan bahan ajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi membutuhkan bahan ajar Sejarah Lokal berbasis Budaya Jambi yang dapat diintegrasikan kedalam mata pelajaran IPS memuat materi Budaya Lokal yang ada kaitannya dengan materi, KI dan KD pada mata pelajaran tersebut.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TIA SEPTYANI ZUHRIA
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:14
Last Modified: 20 Sep 2018 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item View Item