Efektivitas Edukasi Gosok Gigi Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Dalam Mengurangi Kejadian Karies Gigi Pada Anak Sekolah Dasar 114/X Pandan Jaya Geragai Di Tanning Jabung Timur

Larasati, Niken (2023) Efektivitas Edukasi Gosok Gigi Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Dalam Mengurangi Kejadian Karies Gigi Pada Anak Sekolah Dasar 114/X Pandan Jaya Geragai Di Tanning Jabung Timur. S1 thesis, UNIVERSITASS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (356kB)
Official URL: https:/.repository.unja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Karies gigi sering terjadi pada anak anak, dan berdampak pada kemampuan anak untuk mengunyah, timbulnya rasa sakit atau tidak nyaman di mulut, mempengaruhi nafsu makan sehingga dapat mempengaruhi status gizi dan pada akhirnya mengakibatkan gangguan pertumbuhan fisik anak. Dengan adanya pengetahuan, dan perilaku anak yang baik tentang perawatan gigi, hal ini dapat mencegah terjadinya kondisi karies gigi menjadi lebih parah, upaya untuk membuat timbulnya pengetahuan, dan perilaku yang baik mengenai perawatan karies gigi yaitu dengan edukasi ceramah dan demonstrasi di SDN 114/X Pandan Jaya. Metode : Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif, desain penelitian ini Quasi Eksperiment dengan pre-post test design with control group. Penelitian ini dilakukan di SDN 114/X Pandan Jaya Geragai. Populasi seluruh kelas IV dan V 139 siswa dengan jumlah sampel 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Hasil : Kelompok intervensi memiliki selisih rata- rata pengetahuan yaitu 35,0 sebelum diberikan edukasi, demonstrasi dan 77,7 sesudah diberikan edukasi, demonstrasi, selisih rata- rata perilaku yaitu 41,8 sebelum diberikan edukasi, demonstrasi, dan 83,5 sesudah diberikan edukasi, demonstrasi, sedangkan kelompok kontrol memiliki selisih rata-rata pengetahuan 35,0 sebelum diberikan edukasi dan 71,6 setelah diberikan edukasi, serta selisih rata-rata perilaku yaitu 35,9 sebelum diberikan edukasi dan 75,1 sesudah diberikan edukasi. Kesimpulan : Efektivitas edukasi karies gigi dan cara menggosok gigi pada anak sekolah dasar menggunakan kelompok intervensi dan kelompok kontrol didapatkan hasil bahwa kelompok intervensi lebih efektif dari kelompok kontrol. Kata Kunci : Edukasi, demonstrasi, Karies Gigi, Pengetahuan, Perilaku

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Edukasi, demonstrasi, Karies Gigi, Pengetahuan, Perilaku
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Larasati
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:08
Last Modified: 18 Jul 2023 04:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53748

Actions (login required)

View Item View Item