Hubungan Keyakinan Diri Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Siswa Di SMPN 16 Kota Jambi

Dea Mustika, Selly (2023) Hubungan Keyakinan Diri Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Siswa Di SMPN 16 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (187kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (755kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (262kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Mustika, Selly Dea. 2023. Hubungan Keyakinan Diri terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Siswa di SMPN 16 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Nelyahardi, M.Pd. (II) Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi., M.Pd. Kata Kunci: Keyakinan Diri, Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan umum. Ketika seseorang berbicara di depan umum tentu saja sering terjadi kebingungan untuk menyampaikan pendapat. Kondisi yang seperti ini merupakan salah satu bentuk kecemasan berbicara di depan umum yang disebabkan oleh psikologis yang berasal dalam diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan keyakinan diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada siswa di SMP N 16 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 16 Kota Jambi yang termasuk ke dalam kriteria penelitian yaitu sebanyak 97 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 97 siswa dengan teknik sensus atau sampling total. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Data dianalisis dengan menggunakan Uji persentase dengan formula C, Uji Normalitas, Uji Linearitas, uji korelasi dan Uji Hipotesis . Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) keyakinan diri siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 56,03%, 2) kecemasan berbicara didepan umum berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 62,46%. Hasil penelitian juga menunjukan hasil korelasi diketahui positif sebesar 0,384. Nilai pearson correlation yang diperoleh ditafsirkan menggunakan pedoman penafsiran korelasi, dimana pada nilai r hitung (0,384) berada pada rentang (0,21 – 0,40) yang ditafsirkan termasuk dalam kategori memiliki hubungan rendah (hubungan jelas tetapi kecil). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan ke arah positif antara keyakinan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum. Dari hasil penelitian ini disarankan pada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain mengenai keyakinan diri dan kecemasan berbicara di depan umum yang tidak diteliti dalam penelitian ini. ABSTRACT Mustika, Selly Dea. 2023. The Relationship between Self-Confidence and Public Speaking Anxiety at SMPN 16 Jambi City: Thesis, Department of Education, FKIP University of Jambi, Advisors: (I) Drs. Nelyahardi, M.Pd. (II) Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi., M.Pd. Keywords: Self Confidence, Public Speaking Anxiety This research is motivated by students who experience public speaking anxiety. When someone speaks in public, of course there is often confusion in expressing opinions. Conditions like this are a form of public speaking anxiety caused by psychology that originates within oneself. This study aims to reveal the relationship between self-confidence and public speaking anxiety in students at SMP N 16 Jambi City. This type of research is quantitative research with a correlational approach. The population in this study were class VII students of SMPN 16 Jambi City who were included in the research criteria, namely 97 students. The sample in this study were 97 students using a census or total sampling technique. The instrument or data collection tool used is a questionnaire (questionnaire). Data were analyzed using percentage test with formula C, normality test, linearity test, correlation test and hypothesis test. The results showed that: 1) students' self-confidence was in the medium category with a percentage of 56.03%, 2) public speaking anxiety was in the high category with a percentage of 62.46%. The results of the study also showed that the correlation results were known to be positive at 0.384. The Pearson correlation value obtained was interpreted using correlation interpretation guidelines, where the value of r count (0.384) was in the range (0.21 – 0.40) which was interpreted as belonging to the category of having a low relationship (clear but small relationship). So it can be concluded that there is a significant positive relationship between self-confidence and public speaking anxiety. From the results of this study it is suggested that further researchers conduct research on other factors regarding self-confidence and anxiety of public speaking which were not examined in this study.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keyakinan Diri, Kecemasan Berbicara Di Depan Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mustika
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:46
Last Modified: 18 Jul 2023 04:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53781

Actions (login required)

View Item View Item