PENGARUH PENGIMPLEMENTASIAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Ningtiasih, Sri wiliah and Hadiyanto, Hadiyanto and Eddy, Haryanto PENGARUH PENGIMPLEMENTASIAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL PENDIDIKAN TEMATIK DIKDAS. ISSN 2527-6905 (Unpublished)

[img] Text
Tesis_Sri Wiliah Ningtiasih_P2A621010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.PDF

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional daerah Kabupaten Sorolangun terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang, serta untuk mengetahui pengaruh permainan tradisionaldaerah Kabupaten Sorolangun terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdiri dari dua hipotesis 1) Terdapat pengaruh pengimplementasian permainan tradisonal daerah Kabupaten Sorolangun terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang dan ke 2) Terdapat pengaruh pengaruh permainan tradisionaldaerah Kabupaten Sorolangun terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan menggunakan Quasi eksperimental design sebagai jenis penelitian yang digunakan. Serta pretest post test control group design sebagai rancangan Dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu 4 sekolah dasar yaitu SDN 89/VII Pulau Lintang, SDN 21/VII Penarun, SD N 106/VII Tanjung III dan SD N 46/VII Tanjung II. Sampel pada penelitian ini yaitu 26 siswa kelas IV SD N 89/VII Pulau Lintang. Hasil dari penelitian ini yaitu pengaruh permainan tradisional daerah Kabupaten Sarolangun terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima yang berarti bahawa terdapat pengaruh yang signifikan pengimplementasian permainan tradisional terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu pengaruh permainan tradisional daerah Kabupaten Sarolangun terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti bahawa terdapat pengaruh yang signifikan terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Sri Wiliah Ningtiasih
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:16
Last Modified: 18 Jul 2023 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53823

Actions (login required)

View Item View Item