Lestari, Poppi (2023) Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Adhyaksa I Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (188kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (430kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (522kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (208kB) |
|
Text
SKIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Persoalan remaja yang ada dilingkup sekolah sangat beragam tapi sebagian besar mencakup kegiatan belajar mengajar. Motivasi sangatlah berperan penting terutama dalam kegiatan belajar seorang siswa, dengan adanya motivasi maka siswa akan lebih cepat dalam memahami dan mempelajari setiap materi yang diajarkan selama proses belajar mengajar berlangsung. Kepercayaan diri seorang siswa dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Dimana aspek-aspek kepercayaan diri menjadi faktor untuk menumbuhkanmotivasi instrinsik dalam belajar. Rasa percaya diri yang terbentuk tersebut merupakan manifestasi dari berbagai tahapan pembelajaran berupa pengalaman belajar yang telah dilaluinya. Pengalaman yang didapatkan tersebut membuat peserta didik menjadi lebih percaya diri dalam mengerjakan tugas maupun menghadapi proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini akan membahas tentang motivasi belajar siswa. Kepercayaan diri dalam penelitian ini merujuk pada pendapat Ghufron yaitu: keyakinan akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab dan rasional. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Adhyaksa I Jambi dengan jumlah sampel 80 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data diambil menggunakan angket secara langsung turun ke lapangan yang terdiri dari pernyataan variabel kepercayaan diri (X) dan pernyataan motivasi belajar (Y). Kemudian data diolah menggunakan SPSS versi 2.0. Pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa di SMA Adhyaksa I Jambi sebesar 0,239 atau 23,9 % dengan kategori sedang atau cukup kuat. Setiap penambahan 1% nilai kepercayaan diri sebagai variabel (X) maka motivasi belajar siswa (Y) akan menurun sebesar 0,446 dan begitupun sebaliknya. Dilihat pada tabel ANOVA diketahui Sig 0,002. Jadi 0,002<0,05 hal ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh variabel kepercayaan diri secara signifikan terhadap variabel motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | LESTARI |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:46 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53856 |
Actions (login required)
View Item |