Nurjanah, Nurjanah PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARELECTORA INSPIREPADA MATERI INTERAKSI ANTAR PARTIKEL KELAS X MIA SMA/MA. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARELECTORA INSPIREPADA MATERI INTERAKSI ANTAR PARTIKEL KELAS X MIA SMA/MA.
Text
1. COVER LUAR.pdf Download (34kB) |
|
Text
scan baru halaman pengesahan P. Syahrial.pdf Download (633kB) |
|
Text
BAB I NEW.pdf Download (380kB) |
|
Text
BAB V NEW.pdf Download (256kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurjanah, 2018. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Dengan Software Lectora Inspire Pada Materi Interaksi Antar Partikel Kelas X MIA SMA/MA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Abu Bakar, M.Pd (II) Drs. Haryanto, M.Kes Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Lectora Inspire, Interaksi Antar Partikel Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi membawa dampak yang besar pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya yaitu bidang pendidikan, atau pembelajaran. Kurangnya ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran menjadi permasalahan utama. Oleh karena itu diperlukan pembaharuan dalam proses pembelajaran misalnya dengan menggunakan multimedia pembelajaran. Adanya multimedia pembelajaran membuat proses pembelajaran lebih menarik, dan interaktif, serta dapat membantu memvisualisasikan konsep kimia yang abstrak sehingga menjadi lebih konkrit, sederhana dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan multimedia pembelajaran menggunakan Lectora Inspire pada materi interaksi antar partikel di kelas X MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi. Serta melihat respon siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran. Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran-saran dari hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi sedangkan data kuantitatif berupa angka dari angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk multimedia pembelajaran yang dibuat menggunakan Lectora Inspire. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Validasi masing-masing dilakukan sebanyak dua kali. Validasi ahli media dan ahli materi diperoleh hasil yaitu multimedia layak diujicobakan tanpa revisi, Kemudian memperoleh tanggapan yang sangat baik dari guru. Dilanjutkan dengan ujicoba pada kelompok kecil, dan respon siswa terhadap multimedia sebesar 92,4% dikategorikan sangat baik. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan layak oleh ahli media dan materi, dan dapat digunakan sebagai multimedia pembelajaran pada materi interaksi antar partikel.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NURJANAH |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 07:07 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5386 |
Actions (login required)
View Item |