Priyanto, Priyanto (2023) NARRATIVE INQUIRY TENTANG KENDALA, SOLUSI, DAN ALTERNATIF MODEL BIMBINGAN MENULIS KOLABORATIF PADA MAHASISWA SARJANA KEPENDIDIKAN. S3 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
full disertasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan pengesahan.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
cover skripsi.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
BAB 1 DISERTASI BARU.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB V disertasi.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka disertasi.pdf Download (270kB) |
Abstract
ABSTRAK Priyanto. Narrative Inquiry Tentang Kendala, Solusi, dan Alternatif Model Bimbingan Menulis Kolaboratif pada Mahasiswa Sarjana Kependidikan. Promotor: Dr. Hary Soedarto Harjono, M.Pd. Co Promotor: Eddy Haryanto, S.Pd., M.Sc., Ed., M.PP., Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk pertama mendeskripsikan kualitas argumen ilmiah mahasiswa sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, kedua mengeksplorasi kendala yang dialami mahasiswa dalam menulis argumen ilmiah, ketiga mendeskripsikan upaya yang dilakukan mahasiswa dalam mengatasi kendala menulis argumen ilmiah, dan keempat mendeskripsikan model bimbingan menulis yang dapat membantu mahasiswa dalam menulis argumen ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi untuk menganalisis teks argumen ilmiah skripsi mahasiswa dan narrative inquiry untuk mendapatkan pengalaman menulis argumen ilmiah skripsi mahasiswa. Penelitian dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Sumber data penelitian ini pertama teks argumen ilmiah skripsi, dan kedua partisipan penelitian yaitu mahasiswa yang menulis skripsi. Prosedur pengumpulan data dilakukan sesuai pendekatan content analysis dan narrative inquiry. Analisis data dilakukan dengan menyederhanakan data (data reduction), penyajian data (data display) serta menarik kesimpulan (making conclusion). Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) kualitas tulisan argumen ilmiah mahasiswa lengkap berdasarkan struktur argumen ilmaih claim, evidence, dan reasoning yang menyebabkan terdapatnya penyimpangan penalaran ambiguitas dikelompokkan dalam ekuivokasi, amfiboli, komposisi, dan penyimpangan relevansi dikelompokkan dalam argumentum ad ignorantiam, non causa pro causa, petitio principii, dan ignoratio elenchi, 2) kendala-kendala yang ditemui mahasiswa dalam proses penulisan argumen ilmiah skripsi terdiri dari (a) pemahaman terhadap struktur argumen ilmiah, kendala ini mengarah pada penyusunan dan pengambangan argumen ilmiah; (b) kendala dalam mengevaluasi untuk menyajikan bukti yang kuat; (c) kendala dalam menganalisis dan memberikan penalaran argumen ilmiah, 3) ihktiar mahasiswa untuk mengatasi kendala-kendala dalam menulis argumen ilmiah yaitu dengan berdiskusi dengan teman sejawat atau yang sama-sama sedang menyusun skripsi, berdiskusi dengan pembimbing skripsi, dan gabungan antara diskusi dengan dosen pembimbing skripsi dan teman sejawat, serta mencari alternatif menulis diinternet, 4) Mendeskripsikan model menulis secara kolaboratif efektif sebagai salah satu alternatif model bimbingan menulis argumen ilmiah. Simpulan penelitian ini yaitu kualitas tulisan argumen ilmiah mahasiswa program sarjana yang diteliti memiliki kualitas yang baik dalam mengembangkan paradigma pengetahuan kependidikan. Penyebabnya antara lain, pertama, dari hasil analisis terhadap tulisan argumen ilmiah pada bagian latar belakang dan pembahasan dalam skripsi masih banyak ditemui argumen ilmiah yang tidak lengkap secara struktur claim, evidence, dan reasoning sehingga menyebabkan penyimpangan penalaran. Kata Kunci: argumen ilmiah, kualitas argumen, menulis kolaboratif, CER ABSTRACT Priyanto. Narrative Inquiry on Constraints, Solutions, and Alternative Models of Collaborative Writing Guidance for Undergraduate Education Students. Promoter: Dr. Hary Soedarto Harjono, M.Pd. Co Promoter: Eddy Haryanto, S.Pd., M.Sc., Ed., M.PP., Ph.D. This study aims to first describe the quality of scientific arguments of undergraduate students of the Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University, second explore the obstacles experienced by students in writing scientific arguments, third describe the efforts made by students in overcoming obstacles in writing scientific arguments, and fourth describe a writing guidance model that can help students in writing scientific arguments. This research is a qualitative study with a content analysis approach to analyze the texts of students' thesis scientific arguments and narrative inquiry to get the experience of writing students' thesis scientific arguments. The research was conducted at the Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. The data source of this research is first the text of the thesis scientific argument, and secondly the research participants, namely students who write theses. Data collection procedures were carried out according to the content analysis and narrative inquiry approaches. Data analysis is done by simplifying data (data reduction), presenting data (data display) and making conclusions. The results showed that: 1) the quality of complete student scientific argument writing based on the structure of scientific argumentaih claim, evidence, and reasoning which causes the existence of ambiguity reasoning deviations grouped in equivocation, amphiboli, composition, and relevance deviations grouped in argumentum ad ignorantiam, non causa pro causa, petitio principii, and ignoratio elenchi, 2) the obstacles encountered by students in the process of writing thesis scientific arguments consist of (a) understanding of the structure of scientific arguments, this obstacle leads to the preparation and development of scientific arguments; (b) obstacles in evaluating to present strong evidence; (c) obstacles in analyzing and reasoning scientific arguments, 3) students' efforts to overcome obstacles in writing scientific arguments are by discussing with peers or who are both preparing theses, discussing with thesis supervisors, and a combination of discussions with thesis supervisors and peers, and looking for writing alternatives on the internet, 4) Describing the collaborative writing model is effective as an alternative model of guidance for writing scientific arguments. The conclusion of this study is that the quality of scientific argument writing of undergraduate students studied has good quality in developing the educational knowledge paradigm. The reasons include, first, from the results of the analysis of scientific argument writing in the background and discussion sections in the thesis there are still many scientific arguments that are incomplete in the structure of claims, evidence, and reasoning, causing deviations in reasoning. Keywords: scientific argument, argument quality, collaborative writing, CER
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Argumen Ilmiah, Kualitas Argumen, Menulis Kolaboratif, CER |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Kependidikan |
Depositing User: | PRIYANTO |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:24 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |