Al Falaqi, Maula (2023) PENERAPAN METODE HEART METRICS PADA ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI BANTUAN INFORMASI CEPAT SECARA DARING (ABCD) UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
F1E119010_cover.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
F1E119010_Abstrak.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
F1E119010_Bab1.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
F1E119010_BabV.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
F1E119010_Daftar Pustaka.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
F1E119010_Lembar Pengesahan.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
F1E119010_Maula Al Falaqi_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Aplikasi bantuan informasi cepat secara daring (ABCD) telah banyak digunakan oleh civitas akademika Universitas jambi, namun dalam pelaksanaanya terdapat beberapa masalah yang ada, yaitu: 1) kesulitan mencari topik permasalahan menggunakan fitur search. 2) tidak ada tombol kembali saat mengakses ke dalam menu. 3) posisi tombol logout yang berantakan jika menggunakan handphone.4) tidak ada keterangan batas waktu dijawab dan notifikasi jawaban. Oleh karena itu, maka diperlukan analisis user experience atau pengalaman pengguna, Untuk mengetahui bagaimana pengalaman pengguna terhadap aplikasi ABCD Universitas jambi. Peneliti menggunakan perhitungan metode HEART Metrics dalam mengukur pengalaman pengguna yang didukung oleh metode perhitungan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan perangkat lunak SPSS 23. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling dan jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 204 sampel merupakan mahasiswa S1 Universitas Jambi yang telah bertanya dan dilayani oleh aplikasi minimal 1 kali. Berdasarkan Hasil dari perbandingan antar goals HEART Metrics yang ingin dicapai dengan hasil dari pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi ABCD Universitas Jambi, menunjukan bahwa aplikasi ABCD Universitas Jambi belum dapat memenuhi 5 target goals sebesar 80% yang di tetapkan oleh pihak pengembang. Dari 5 target goals tersebut variabel Happines mencapai 74,80%, Engagement 73,71%, Adoption 75,38%, Retention 69,19% dan Task Success 74,98%. Selanjutnya hasil dari analisis kudran IPA menunjukan bahwa secara keseluruhan terdapat 8 indikator pada kuadran I, 12 indikator pada kuadran II, 8 indikator pada kuadran III, 7 indikator pada kuadran IV.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi ABCD Universitas Jambi, Importance Performance Analysis, Metode Heart Metrics, User Experience |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Falaqi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:34 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |