PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM KOLOID

APRIYANTI, MARWINA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM KOLOID. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_BAB I-V_Marwina Apriyanti_A1C119017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (68kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam dunia pendidikan, teknologi memiliki peran yang penting yakni dapat membantu mempermudah pendidik maupun peserta didik dalam proses pembelajaran. E-modul dikembangkan diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi serta penggunaannya yang praktis. Materi sistem koloid berupa konsep-konsep serta fakta-fakta yang terdapat di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis pendekatan kontekstual pada materi sistem koloid, kelayakan e-modul secara konseptual, penilaian pendidik dan respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh pendidik untuk selanjutnya diuji cobakan kelompok kecil. Teknik analisis data yang dilakukan analisis data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran serta analisis data kuantitatif diperoleh dari skor jawaban yang angket yang disebarkan. Hasil dari penelitian ini bahwa e-modul mendapatkan hasil kelayakan ahli materi sebesar 4,54 (sangat layak), ahli media sebesar 4,6 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,44 (sangat layak), dan dari respon siswa memłliki persentase 93,23 % (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis pendekatan kontekstual pada materi sistem koloid memperoleh hasil yang layak secara konseptual, sangat layak secara praktis berdasarkan penilaian pendidik dan sangat baik berdasarkan respon peserta didik. Kata Kunci : E-Modul, Kontekstual, Sistem Koloid

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Kontekstual, Sistem Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Apriyanti
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:33
Last Modified: 20 Jul 2023 03:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54015

Actions (login required)

View Item View Item