Erlina, Rizka and Winarni, Sri and Kumalasari, Ade (2023) Pengembangan Creativity Skills Assessment Dalam Pemecahan Masalah Matematika. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text (Pengembangan Creativity Skills Assessment Dalam Pemecahan Masalah Matematika)
skripsi_FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text (Pengembangan Creativity Skills Assessment Dalam Pemecahan Masalah Matematika)
Cover.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
Text (Pengembangan Creativity Skills Assessment Dalam Pemecahan Masalah Matematika)
Lembar Persetujuan, Pengesahan, Pernyataan.pdf - Published Version Download (297kB) |
|
Text (Pengembangan Creativity Skills Assessment Dalam Pemecahan Masalah Matematika)
Abstrak.pdf - Published Version Download (181kB) |
|
Text (Pengembangan Creativity Skills Assessment Dalam Pemecahan Masalah Matematika)
Bab I.pdf - Published Version Download (407kB) |
|
Text (Pengembangan Creativity Skills Assessment Dalam Pemecahan Masalah Matematika)
Bab V.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text (Pengembangan Creativity Skills Assessment Dalam Pemecahan Masalah Matematika)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (596kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan suatu creativity skills assessment dalam pemecahan masalah matematika yang valid, reliabel, dan praktis untuk dapat membantu guru mengukur creativity skills siswanya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Jambi pada Mei 2023. Data yang diperoleh adalah dengan cara wawancara, menyebarkan angket, dan melakukan uji coba prototipe yang dikembangkan untuk dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perangkat creativity skills assessment dalam pemecahan masalah matematika yang telah diuji cobakan kepada guru dan siswa dan kualitas butir soalnya adalah 3 butir validitas sangat tinggi dan 1 butir validitas tinggi, reabilitas sangat tinggi dengan skor 0,87, 3 butir tingkat kesukaran sedang dan 1 butir tingkat keskaran sukar, serta 3 butir daya pembeda baik dan 1 butir daya pembeda cukup. Hasil lain dalam penelitian ini adalah data mengenai tingkat creativity skills siswa pada kelas yang di uji coba lapangan untuk fase penilaian, yaitu dari 32 siswa diperoleh : 5 siswa (15,62%) dalam kategori “tidak kreatif”, 15 siswa (46,87%) dalam kategori “kurang kreatif”, 5 siswa (15,62%) dalam kategori “cukup kreatif”, 6 siswa (18,75%) dalam ketegori “kreatif”, hanya 1 siswa (3,12%) dalam kategori “sangat kreatif”. Dari hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat melakukan pengukuran tingkat creativity skills dalam pemecahan masalah matematika siswanya, tahapan dalam penelitian ini dapat menjadi acuan guru atau peneliti lain dalam mengembangkan creativity skills assessment dalam pemecahan masalah matematika dengan mengikuti fase-fase dalam penelitian ini, dan peneliti lain dapat mengangkat suatu topik yang berkaitan dengan creativity skills dalam pemecahan masalah matematika dengan menggunakan hasil penelitian ini sebagai suatu instrumen assessmentnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | creativity skills, assessment, pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlina |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 08:09 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 08:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54051 |
Actions (login required)
View Item |