PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI AKULTURASI KEBUDAYAAAN INDONESIA DENGAN HINDU BUDDHA MENGGUNAKAN FLIPCHART UNTUK SISWA KELAS XI SMA 11 KOTA JAMBI

WULANDITA, DEWI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI AKULTURASI KEBUDAYAAAN INDONESIA DENGAN HINDU BUDDHA MENGGUNAKAN FLIPCHART UNTUK SISWA KELAS XI SMA 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI AKULTURASI KEBUDAYAAAN INDONESIA DENGAN HINDU BUDDHA MENGGUNAKAN FLIPCHART UNTUK SISWA KELAS XI SMA 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL REPOSITORYUNJA.pdf

Download (423kB)

Abstract

ABSTRAK Wulandita, Dewi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Akulturasi Kebudayaan Indonesia dengan Hindu Buddha menggunakan Flipchart Untuk Siswa Kelas XI SMA 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M. Pd., Pembimbing (II) Dr. Rosmiati, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan, media, flipchart Media pembelajaran Flipchart merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh pendidik dalam pembelajaran sejarah. Namun jika ditelusuri secara seksama, pembelajaran sejarah identik dengan kebiasaan membaca buku paket yang tersedia, atau penggunaan PPT dalam mengajar, sehingga perlunya suasana baru dalam pembelajaran sejarah. Media pembelajaran Flipchart adalah media papan balik berupa lembaran-lembaran kertas yang dicetak dengan panjang 50x lebar 75cm yang berisikan gambar dan teks materi. Media pembelajaran flipchart mempunyai kemampuan menyampaikan materi dengan desain menarik karena jika setiap lembar kertas di putar akan menampilkan materi yang berbeda sesuai dengan tahapan materi yang ada sehingga memberikan suasana baru dalam proses pembelajaran sejarah lebih mudah diingat, dipahami dan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran flipchart materi akulturasi kebudayaan Indonesia dengan Hindu Buddha yang dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap pembelajaran sejarah serta mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flipchart pada materi akulturasi kebudayaan Indonesia dengan Hindu-Buddha. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, development, implementation, evaluation). Subjek uji coba kelompok kecil sebanyak 5 orang dan uji coba kelompok besar 15 orang. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil revisi produk ahli media, ahli materi, dan uji coba respon siswa sebagai berikut. Revisi ahli media dilakukan sebanyak 1 kali, persentase kelayakan produk 92,18% dikategorikan sangat baik. Revisi ahli materi dilakukan sebanyak 1 kali, persentase kelayakan produk 85,71% dikategorikan sangat baik. Persentase uji coba kelompok kecil 89%, dan uji coba kelompok besar 84,77%. Persentase tersebut termasuk di dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran flipchart materi akulturasi kebudayaan Indonesia dengan Hindu Buddha dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEWI WULANDITA
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:14
Last Modified: 21 Sep 2018 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item