PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS (CVT) BAGI SISWA SMK JAMBI IX LURAH 2 BERBASIS ANDROID

ALAMSYAH, FERRY (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS (CVT) BAGI SISWA SMK JAMBI IX LURAH 2 BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi ferry alamsyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (203kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (152kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (130kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (132kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pada masa sekarang ini sepeda motor matic sangat cocok untuk dipakai. Karena dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara. Nyaman karena tidak perlu lagi memindahkan gigi karena sudah disetel otomatis. Saat ini, varian sepeda motor matic pun bertambah banyak di Indonesia. Hal yang membedakan sepeda motor matic dengan jenis sepeda motor tipe lainnya terletak pada sistem transmisinya. Pada sepeda motor matic menggunakan sistem transmisi otomatis yang disebut dengan CVT (Continuously Variable Transmission). Perbedaan dasar CVT dibandingkan dengan pemindah tenaga lain adalah cara meneruskan torsi atau daya dari mesin ke roda. Pada CVT, tidak lagi digunakan roda-roda gigi untuk menurunkan atau menaikan putaran ke roda, sebagai penggantinya digunakan dua puli dan sabuk logam. CVT mencoba menciptakan perbandingan putar dengan memanfaatkan sabuk (belt) dan puli. Puli pada CVT ini sangat fleksibel dimana dapat mengurangi ataupun menambah diameternya dan menghasilkan perubahan rasio yang diharapkan, sepeda motor harus dilengkapi dengan suatu sistem yang mampu menjembatani antara output mesin (daya dan torsi mesin) dengan tuntutan kondisi jalan. Sistem ini dinamakan dengan sistem pemindahan tenaga. (Jalius Jama : 2008). Ahmadi Syaiful, (2022) Penerapan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan memberikan tugas melalui aplikasi pembelajaran. Sebagian besar pembelajaran di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Namun demikian, masih terdapat kesenjangan karena keterbatasan, yaitu kemampuan adaptasi yang terbatas, serta sarana dan prasarana yang masih kurang memadai. Munir, (2012) Multimedia dapat mengembangkan kemampuan menarik perhatian serta minat hal itu diperkuat oleh Computer Technology Research (CTR), menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengar. Tetapi orang dapat mengingat 50% dari yang dilihat dan didengar dan 80% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. Multimedia dapat menyajikan informasi yang dapat dilihat, didengar dan dilakukan, sehingga multimedia sangatlah efektif untuk menjadi alat (tools) yang lengkap dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Berdasarkan pernyataan Menuru Hanafi H.F. dan Samsudin, K (2012) materi keberagaman karakteristik ini dalam penyampaiannya akan lebih efektif ditangkap peserta didik melalui multimedia interaktif. “Mobile learning systems powered by android technology can make learning more fun, interactive and intuitive”. Penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa dengan kemajuan teknologi mobile learning yang didukung dengan teknologi android dapat membuat belajar lebih menyenangkan, interaktif dan intuituf. Multimedia pembelajaran interaktif berbasis android juga dapat menyajikan materi secara lebih menarik sehingga mampu merangsang peserta didik sekolah menengah kejuruan untuk dapat belajar lebih aktif. Selain itu multimedia interaktif juga dapat diberikan elemen interaktif yang dapat berinteraksi dengan peserta didik dengan demikian penggunaan multimedia dirasa akan lebih efektif. Keunggulan dari pengembangan media pembelajaran interaktif yang dibuat ini adalah membuat user menjadi lebih interaktif karena user dapat secara langsung memilih apa yang ingin ditampilkan dan juga desain dari user interface yang lebih menarik dan kekinian. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini diharapkan dapat bermanfaat untuk tenaga pendidik sebagai referensi pemilihan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran di kelas maupun belajar mandiri di rumah sesuai kebutuhan peserta didik serta dapat meningkatkan minat belajar peserta didik sekolah menengah kejuruan. Sedangkan, dalam penelitian yang akan dilakukan ini mengenai Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan sistem transmisi otomatis bagi Siswa Smk Jambi IX lurah 2, aplikasi dibuat menggunakan software Adobe Animate. Pada aplikasi ini akan ditampilkan 3 menu yaitu petunjuk aplikasi, materi, dan profil. Metode Multimedia Develompent Life Cycle (MDLC) dipilih penulis karena menurut (Prahara & Hariguna, 2010), metode ini cocok untuk pengembangan sistem pada aplikasi multimedia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN SISTEM TRANSMISI OTOMATIS (CVT) BAGI SISWA SMK JAMBI IX LURAH 2 BERBASIS ANDROID
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: ALAMSYAH
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:49
Last Modified: 21 Jul 2023 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54257

Actions (login required)

View Item View Item