maghriva, visca rizki (2023) Analisis Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Lesson Study Berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) Pada Materi Alat Ukur di SMAN 7 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI VISCA 5 JULI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
Surat Pernyataan. hijau.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Surat Pernyataan. hijau.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Maghriva, Visca Rizki. 2023 Analisis Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Lesson Study Berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) Pada Materi Alat Ukur di SMAN 7 Kota Jambi: Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Dian Pertiwi Rassmi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kognitif, Lesson Study, Trnascrip Based Lesson Analysis Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Lesson Study di SMA Negeri 7 Kota Jambi pada tanggal 5 september sampai 21 september 2022 pada pelajaran Fisika dan mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa yang melalui transcript based lesson analysis pada materi alat-alat ukur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas E3 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menerapkan program pembelajaran lesson study melalaui tiga tahapan yaitu, perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Jenis peneltian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rekaman video pembelajaran, dokumentasi, dan lembar observasi yang di isi setiap observer. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus lesson study. Hasil penelitian pada siklus satu siswa cenderung pasif tidak terlalu banyak interaksi siswa bertanya kepada guru sehingga siswa hanya mampu sebatas mengetahui apa-apa saja yang diberikan oleh guru model serta menjelaskan secara singkat apa yang di sampaikan oleh guru model saja. Sedangkan pada siklus dua sebagian besar siswa sudah menunjukkan responsive dalam proses pembelajaran dan juga dapat mengerjakan soal beserta cara dalam memperolehnya. Terlebih proses pembelajaran yang menarik menggunkan alat ukur menjadikan siswa lebih ingin tahu mengenai materi yang akan dibahas pada hari itu di SMA Negeri 7 Kota Jambi sehingga pada siklus kedua ini siswa bisa dikatakan mencapai tingkatan kognitif. Oleh karena itu disarankan untuk menerapkan lesson study di kelas agar dapat membantu guru dalam menilai aspek pengetahuan siswa demi mencapai tujuan pembelajaran bersama.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kognitif, lesson Study, TBLA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | MAGHRIVA |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 06:49 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 09:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |