Anam, Khoirul (2023) IMPLEMENTASI RANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DI SMAN TITIAN TERAS MENGGUNAKAN MODEL INCREMENTAL. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Full Text + Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
Ringkasan.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar di SMAN Titian Teras dilakukan sehari penuh, dalam seminggu pembelajaran dilakukan selama 5 hari. Selain pembelajaran tatap muka di kelas, SMAN Titian Teras juga memiliki beberapa kegiatan lain seperti keagamaan, bela negara, kepemimpinan, apel pagi dan apel malam. Setiap kegiatan yang diikuti siswa dilakukan pendataan kehadiran oleh wali asrama atau guru selaku penanggung jawab masing-masing kegiatan. Proses pendataan kehadiran siswa dilakukan dengan manual menggunakan buku presensi siswa yang ada pada guru atau wali asrama. Proses pendataan menggunakan buku presensi tentu sangat rentan kehilangan data, buku presensi bisa saja rusak, sobek, kotor bahkan hilang. Dengan besarnya risiko tersebut maka pihak sekolah melakukan upaya lain untuk mempermudah proses pendataan kehadiran siswa, yaitu dengan menggunakan google form. Dengan menggunakan google form maka kekurangan proses pendataan kehadiran dengan menggunakan buku presensi dapat diatasi karena data tersimpan secara digital di komputer. Namun terdapat masalah lain dari penggunaan google form yaitu sulitnya proses rekapitulasi dan juga pelaporan kepada pimpinan. Banyaknya presensi kegiatan yang perlu dilaporkan tentu memakan waktu yang lama untuk melakukan rekapitulasi kehadiran. Perancangan sistem informasi monitoring pembelajaran pada SMAN Titian Teras telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya, hasil rancangan berupa use case, activity diagram, sequence diagram, class diagram dan user interface sistem. Dari hasil tersebut maka perlu dilakukan implementasi hasil rancangan menjadi sebuah sistem informasi agar permasalahan tersebut dapat diminimalisir. Dalam proses implementasi rancangan sistem, peneliti menggunakan incremental model dimana peneliti membagi rancangan menjadi 2 (dua) increment proyek implementasi. Modul utama dari sistem ini adalah kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga pada increment pertama akan dilakukan pengkodean dan pengujian modul pembelajaran di kelas. Kemudian increment kedua dilakukan pengkodean dan pengujian pada modul kegiatan lainnya yaitu kegiatan non-akademik seperti keagamaan, apel (pagi dan malam), kepemimpinan dan bela negara. Setiap selesai melakukan implementasi maka dilakukan pengujian fungsionalitas sistem menggunakan black-box testing dengan jumlah total 69 butir fungsi uji, dan diuji oleh total 8 orang tester pada setiap increment. Pada increment ke-1 hasil pengujian menunjukkan 100% fungsi berjalan dengan baik, sedangkan pada pengujian blackbox testing increment ke-2 dilakukan dua kali pengujian karena ditemukan fitur yang tidak berjalan pada pengujian pertama. Hasil pengujian pertama menunjukkan terdapat 1 fungsi yang tidak berjalan. 1 fungsi yang tidak berjalan tersebut adalah fungsi untuk melakukan presensi kegiatan dan fitur update presensi kegiatan. Fungsi yang tidak berjalan pada increment ke-2 selanjutnya dilakukan perbaikan dan diuji ulang. Hasil pengujian kedua menunjukkan 100% fitur tersebut telah berjalan dengan baik dan tidak terdapat error/bug. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi monitoring pembelajaran pada SMAN Titian Teras, diharapkan sistem yang sudah dibangun bisa bermanfaat untuk kegiatan pembelajaran pada SMAN Titian Teras, sistem sudah bisa diakses melalui https://simobel.my.id.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Anam |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 07:12 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |