HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA YANG TINGGAL DI ASRAMA DI SMAN TITIAN TERAS JAMBI PADA TAHUN AJARAN 2022

simamora, melati oktaviany (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA YANG TINGGAL DI ASRAMA DI SMAN TITIAN TERAS JAMBI PADA TAHUN AJARAN 2022. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (129kB)

Abstract

Latar Belakang: SMA Titian Teras Jambi merupakan sekolah dengan sistem asrama yang dirancang untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi bagi generasi muda. Sekolah berasrama merupakan model sekolah yang memiliki tuntutan yang lebih tinggi jika dibanding sekolah reguler karena memiliki standar yang ketat dalam hal pendidikan dan disiplin. Motivasi belajar sangat diperlukan untuk dapat mendasari dan mengarahkan aktivitas belajar agar tercapai prestasi yang baik di sekolah berasrama. Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Dukungan sosial sangat diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan semangat atau motivasi belajar agar dapat sukses di sekolah berasrama Tujuan : Diketahui hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja Yang Tinggal Di Asrama Di SMAN Titian Teras Jambi Tahun Ajaran 2022. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Non-probality sampling. Hasil: Berdasarkan hasil analisa data, didapatkan bahwa responden yang mendapatkan dukungan sosial dengan baik sebanyak 51,8% responden dan motivasi belajar yang tinggi sebanyak 55,5%.Dan berdasarkan uji statistik kendalls tau didapatkan nilai p-value 0,00 dan korelasi 0,434. Kesimpulan: Hubungan Dukungan sosial dan Motivasi belajar berhubungan secara signifikan dengan arah kekuatan yang kuat serta positif, artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi juga motivasi belajar. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Motivasi Belajar, dan Remaja SMAN Titian Teras Jambi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: SIMAMORA
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:18
Last Modified: 24 Jul 2023 08:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54468

Actions (login required)

View Item View Item