NURAINI, DINISTI (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BRIMO DI KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). S1 thesis, Sistem Informasi.
![]() |
Text
SKRIPSI_DINISTI NURAINI(F1E119007).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
Abstract
BRImo (BRI mobile) adalah aplikasi keuangan digital Bank Rakyat Indonesia (BRI) berbasis data internet yang memberikan kemudahan bagi pengguna aplikasi dalam melakukan berbagai fungsi perbankan diantaranya, mengecek saldo, mengirim dan menerima uang serta melakukan pembayaran dan lain sebagainya. Manfaat dari aplikasi BRImo diantaranya transaksi menjadi lebih cepat, tidak perlu menggunakan uang tunai serta aman digunakan karena memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penguna dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi BRImo dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). End User Computing Satisfaction (EUCS) merupakan salah satu model yang digunakan untuk mengetaui faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna sistem informasi dengan menilai variabel pada model yaitu content, accuracy, format, Ease of use, dan timeliness. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi BRImo di Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 160 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dari google form dan memberikan hardcopy kuesioner secara langsung. Data diolah menggunakan smartPLS 3 dengan uji outer model, inner model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengguna akhir pada aplikasi BRImo saat ini berada pada tingkat yang sangat puas dengan nilai rata-rata secara keseluruhan bernilai 3,524. Secara inferensial, dari 5 hipotesis yang diuji 3 diantaranya hipotesis diterima dan 2 hipotesis ditolak. Maka faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna adalah content, accuracy dan timeliness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) sedangkan format dan ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction). Kata kunci: Aplikasi BRImo, Kepuasan Pengguna, End User Computing Satisfaction (EUCS)
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi BRImo, Kepuasan Pengguna, End User Computing Satisfaction (EUCS) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Nuraini |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:33 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 06:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |