AMRIANINGSIH, AMRIANINGSIH PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MASALAH UNTUK MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MASALAH UNTUK MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (173kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (68kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Amrianingsih, 2018. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Masalah untuk Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes, Pembimbing II Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata Kunci : Modul Elektronik Berbasis Masalah , Laju Reaksi Materi laju reaksi merupakan salah satu materi kimia yang memerlukan pemahaman konsep dan pendekatan ilmiah. Pemahaman konsep dan pendekatan ilmiah tersebut dapat terlaksana salah satunya melalui pembelajaran berbasis masalah. Keterbatasan waktu di kelas membuat siswa tidak optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga dibutuhkan bahan ajar yang dapat membuat siswa belajar secara mandiri di samping pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran mandiri tersebut dapat dicapai salah satunya dengan menggunakan modul elektronik berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis masalah untuk materi laju reaksi di kelas XI SMA yang layak menurut ahli, mengetahui respon siswa dan tanggapan guru terhadap modul elektronik berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan kerangka model 4D (Four D). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diujicobakan pada kelompok kecil. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelayakan modul elektronik berbasis masalah yaitu angket validasi ahli materi, ahli media, respon guru, dan respon siswa. Data kualitatif berupa angket ahli media dan materi dianalisis dalam bentuk kolom atau tahapan dari hasil validasi dan revisi yang diperoleh, kemudian ditarik kesimpulan mengenai hasil yang diperoleh. Sedangkan untuk data kuantitatif berupa respon guru dan siswa menggunakan persentase kelayakan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah bahan ajar modul elektronik berbasis masalah. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil respon siswa SMAN 7 Kota Jambi pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 10 orang siswa di kelas XI MIA 3, yaitu 78,53% (sangat baik), dan respon guru 87,73% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa modul elektronik berbasis masalah pada materi laju reaksi di kelas XI SMA ini layak, menarik dan efektif digunakan oleh guru dan siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AMRIANINGSIH |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 04:10 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 04:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5450 |
Actions (login required)
View Item |