BUTAR BUTAR, DESTRIYANI PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PRACTICAL LIFE PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI. JURNAL PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PRACTICAL LIFE PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI.
![]() |
Text
ARTIKEL REPOSITORY.pdf Download (674kB) |
Abstract
ABSTRAK ButarButar, Destriyani 2018. “Peningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Pada Kelompok B di TK Islam Al-Muttaqin Kota”. Pembimbing I Dr. Drs H. Hendra Sofyan, M.Si dan Pembimbing II Dr. K.A Rahman, S.Ag., M.Pd.I. KATA KUNCI : Practical life, Kemandirian, Anak Usia Dini, Kehidupan Praktis Penelitian ini dilatar belakangi kurang mandiri nya anak serta kurangnya kesadaran diri anak dalam mentaati aturan, mengerjakan hal-hal yang mudah sendiri dan kurangnya rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya serta anak yang belum memiliki Sikap Kemandirian untuk berada dilingkungan selain rumah nya sendiri. Penelitian ini bertujuan agar melalui kegiatan practical life kemandirian anak dapat ditingkatkan, serta diketahui tingkat kemandirian anak sebelum dan sesudah diberikan kegiatan practical life Pada Kelompok B di TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 18 Anak Kelompok B di TK Islam Al-muttaqin Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini tentang Kemandirian yang dikumpulkan dengan metode observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemandirian anak kelompok B dengan menggunakan kegiatan practical life.. Pada Pratindakan sebesar 25,67% termasuk dalam kriteria anak belum berkembang dan mengalami peningkatan, Kemandirian anak setelah diberi tindakan pada siklus 1 pertemuan ke-1 meningkat menjadi (28,97%), siklus I pertemuan ke-2 meningkat menjadi (30,70%) dan siklus I pertemuan ke-3 meningkat menjadi (33,33%) dalam kriteria mulai berkembang . Pada siklus II Pertemuan ke-1 meningkat menjadi (36,65%) namun masih dalam criteria Mulai Berkembang, Siklus ke II pertemuan ke-2 miningkat menjadi (41,70%) dan Siklus ke II pertemuan ke-3 miningkat lagi menjadi (51,92%) Masih dalam kriteria Mulai Berkembang. Pada siklus III pertemuan ke-1 meningkat lagi menjadi (70,25%), Pada siklus III pertemuan ke-2 meningkat lagi menjadi (87,17%) dan pada siklus III pertemuan ke-3 meningkat menjadi (93,07%) dengan kriteria Berkembang Sangat Baik. Jadi peningkatan menggunakan Kegiatan Practical Life dapat meningkatkan Kemandirian anak dalam kemampuan fisik, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, pandai bergaul, saling berbagi, dan mengendalikan emosi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada Kemandirian anak setelah menggunakan kegiatan practical life.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DESTRIYANI |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 02:23 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 02:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |