Supratiwi, Indri (2023) PENGARUH METODE MURAJA'AH TERHADAP HAFALAN MUFRADAT BAHASA ARAB DI MTSN 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text (Pengaruh Metode Muraja'ah Terhadap Hafalan Mufradat Bahasa Arab Di MtsN 5 Kota Jambi)
Skripsi Final Indri Supratiwi (sudah direvisi) JUNI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.docx.pdf Download (34kB) |
|
Text
Halaman Judul dan Cover.pdf Download (126kB) |
|
Text
Halaman persetujuan dan Pengesahan Skripsi.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB I.docx.pdf Download (96kB) |
|
Text
bab Iv.pdf Download (934kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (66kB) |
Abstract
ABSTRAK Indri Supratiwi, 2023. Pengaruh Metode Muraja‟ah Terhadap Hafalan Mufradat Bahasa Arab Di MtsN 5 Kota Jambi. Skipsi, Pembimbing (I) Dr. Mulyadi, S.Ag., M.Pd.I., Pembimbing (II) M. Rohiq, SS, M.A. Kata Kunci : Pengaruh, Metode Muraja‟ah, Hafalan Mufradat Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode muraja‟ah terhadap hafalan mufradat bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan di MtsN 5 Kota Jambi yang terletak di 9H33+32C, Jl. Lkr. Bar. II, Bagan Pete, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi. Penelitian ini di lakukan pada tanggal 9 Maret hingga 3 April 2023, penelitian ini di dapatkan dengan teknik pengumpulan data yang terdiri dari penyebaran angket, pengolahan data dengan SPSS 22 dan dokumentasi. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Sumber data peneliti pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII D MtsN 5 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa metode muraja‟ah berpengaruh terhadap hafalan mufradat bahasa Arab di MtsN 5 Kota Jambi. Hal tersebut dapat dilihat dari uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.024 lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Selain itu juga dapat dilihat dari uji t (parsial) dengan nilai t hitung 2.356 > 1.74588/1.746, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode muraja‟ah (X) terhadap hafalan mufradat (Y), sehingga Ha diterima. Hambatan yang dihadapi oleh guru adalah menegenai hafalan mufradat siswa yang minim yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hambatan yang peneliti temui dalam menjalankan penelitian adalah guru kurang mampu menguasai kelas, karena masih terdapat siswa yang tidak memperhatikan guru disaat mengajar, dan sebagian siswa kurang merasa segan terhadap guru dikelas. Karena itu solusi yang diambil untuk menutupi dan memperbaiki hal tersebut demi tercapainya tujuan pembelajaran diharapkan dapat mengimplementasikan metode muraja‟ah khususnya pada hafalan mufradat. Hal ini dapat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar karena siswa sedikit banyak sudah memiliki hafalan mufradat sehingga tidak sulit dalam memahami materi pelajaran bahasa Arab dikelas. Dari penelitian ini juga tentu terdapat implikasi bagi pihak yang bersangkutan dan yang bertanggung jawab dengan metode muraja‟ah terhadap hafalan mufradat bahasa Arab tersebut. Abstract This study aims to describe the effect of the method of muraja"ah on memorization Mufradat Arabic. This study was conducted at MtsN 5 Jambi city located at 9H33+32C, Jl. Lkr. Bar. II, Bagan Pete, District. New York City, Jambi City, Jambi. This research was conducted on March 9 to April 3,2023, this research was obtained by data collection techniques consisting of questionnaire distribution, data processing with SPSS 22 and documentation. The type of research in this study is correlational quantitative research. Data source researchers in this study are students of Class VII A and VII D MtsN 5 Jambi city. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the method of muraja"ah affect the memorization of Arabic mufradat in MtsN 5 Jambi city. It can be seen from the hypothesis test that shows the significance value of 0.024 is smaller than the significance level of 0.05. It can also be seen from the Test t partial) with the value of t count 2.356>1.74588/1.746, it can be concluded that there is a significant influence between the method of muraja"ah (X) to memorization mufradat (Y), so that Ha is accepted. Obstacles faced by teachers is menegenai memorization mufradat minimal students resulting in students less active in following the learning. The obstacles that researchers encountered in conducting research is that teachers are less able to master the class, because there are still students who do not pay attention to teachers while teaching, and some students are less reluctant to class teachers. Therefore, the solution taken to cover and improve it in order to achieve the learning objectives is expected to implement the method of muraja"ah, especially in memorization mufradat. This can help teachers and students in the teaching and learning process because students more or less already have mufradat memorization so it is not difficult to understand the subject matter of Arabic class. From this research also certainly there are implications for the parties concerned and those responsible for the method of muraja"ah against memorization of the Arabic mufradat. Abstracts made between 100-150 words contain goals, problems, methods, and results. Keywords:Influence, method muraja’ah, memorization Mufradat
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Metode Muraja'ah, Hafalan Mufradat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Supratiwi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:58 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54548 |
Actions (login required)
View Item |