SINURAT, RINDA AUDINA (2023) STRATEGI PEMENANGAN FRANS SUGAMA TAMBUNAN PADA PEMILIHAN LEGISLATIF KOTA JAMBI TAHUN 2019. S1 thesis, ILMU POLITIK.
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (33kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (364kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (560kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN atau BAB IV.pdf Download (156kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemenangan Frans Sugama Tambunan pada pemilihan legislatif Kota Jambi tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dilakukan dengan cara purposive sampling dari wawancara dan literatur-literatur pendukung lainnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi politik dari Peter Schroder dan marketing politik dari Niffenegger. Teknik pengolahan data yang dilakukan penulis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Frans Sugama Tambunan menggunakan strategi pemenangan dengan strategi politik, marketing politik dan diperkuat dengan modal sosial yang dimiliki. 2) Strategi politik Frans Sugama Tambunan melalui strategi ofensif (menyerang) dengan cara perluasan pasar melalui tim pemenangan dan penerapan kebijakan melalui menyerap aspirasi dari masyarakat ketika melakukan sosialisasi dan strategi defensif (bertahan) dengan cara mempertahankan pasarnya yang berasal dari masyarakat sekitar tempat tinggalnya dan etnis batak. 3) Marketing politik Frans Sugama Tambunan melalui penerapan 4P yakni product dengan menawarkan kebijakan yang dibutuhkan masyarakat di bidang infrastruktur dan Frans Sugama Tambunan dengan citra baiknya di masa lampau sebelum mencalonkan diri pada pemilihan legislatif Kota Jambi tahun 2019, promotion dengan media cetak dan elektronik, price dengan harga psikologi seperti etnis batak, orang tua yang merupakan Penatua Senior dan organisasi kampus dan place dengan segmentasi demografis dan geografis. serta positioning, Frans Sugama Tambunan berasal dari PDI-P yang merupakan partai besar penguasa. Kata Kunci: Marketing Politik, Strategi Pemenangan, Strategi Politik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JC Political theory J Political Science > JF Political institutions (General) J Political Science > JK Political institutions (United States) |
Depositing User: | SINURAT |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 07:03 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 07:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54607 |
Actions (login required)
View Item |