PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI

Karmila, Karmila (2023) PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (315kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (228kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (642kB)
[img] Text
full skripsi + kertas wangi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan kepala sekolah dan guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Peranan kepala sekolah dan guru sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang diambil secara purposive sampling, yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan sarana-prasarana, tiga orang guru, dan tiga orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kepala sekolah dan guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi sudah cukup baik. Kepala sekolah dan guru sudah melakukan upaya-upaya sesuai dengan komponen model motivasi ARCS, namun belum optimal dan masih perlu ditingkatkan. Kepala sekolah dan guru disarankan untuk: 1) Attention (Perhatian), menggunakan metode, bahan, dan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan perhatian dan minat belajar siswa; 2) Relevance (Keterkaitan), memberikan lebih banyak contoh nyata dan pengalaman langsung kepada siswa, yang berkaitan dengan pembelajaran; 3) Confidence (Kepercayaan diri), terus memotivasi, mengapresiasi, dan tidak membanding-bandingkan siswa; 4) Satisfaction (Kepuasan), senantiasa memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan segera melakukan evaluasi dan pemantauan khusus terkait tingkat kepuasan siswa di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Karmila
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:43
Last Modified: 03 Aug 2023 03:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54619

Actions (login required)

View Item View Item