DWI SANDRA, DELVI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA KAMUS ELEKTRONIK STRUKTUR TUMBUHAN PADA MATERI ORGAN BUAH (FRUCTUS) UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA KAMUS ELEKTRONIK STRUKTUR TUMBUHAN PADA MATERI ORGAN BUAH (FRUCTUS) UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI.
Text
ARTIKEL.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Sandra, Delvi, D. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berupa Kamus Elektronik Struktur Tumbuhan Pada Materi Organ Buah (Fructus) Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Upik Yelianti. Pembimbing (II) Dra. Hj. Muswita. Kata Kunci : Media, Kamus Elektronik, Struktur Tumbuhan, Buah Struktur tumbuhan merupakan salah satu mata kuliah wajib pada program studi Pendidikan Biologi. Pada mata kuliah Struktur Tumbuhan terutama pada materi organ buah, ditemukan banyak sekali istilah-istilah dalam bahasa ilmiah untuk menujukkan bagian-bagian buah. Kurangnya media pembelajaran yang mendukung istilah-istilah tersebut menyebabkan banyaknya mahasiswa yang kurang memahami istilah-istilah bagian buah yang sering mereka dengar saat perkuliahan berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan yang dialami mahasiswa diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan mahasiswa untuk mempermudah dalam mempelajari istilah struktur tumbuhan dalam bentuk kamus elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biologi berupa kamus elektronik dalam mata kuliah struktur materi tumbuhan pada organ buah, menguji kelayakan kamus elektronik, serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap kamus elektronik tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kulaitatif. Data kualitatif diperoleh dari penilaian angket siswa dan data kualitatif diperoleh dari tim validasi ahli media dan ahli materi. Selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil, kelompok besar dan dosen matakuliah struktur tumbuhan. Hasil validasi oleh ahli materi dan media didapatkan skor 89,5% dengan kriteria “sangat baik” dan skor 87,5% untuk validasi ahli media dengan termasuk kriteria “sangat baik”. Media yang telah divalidasi kemudian diujicobakan kepada kelompok kecil yang terdiri dari 7 orang mahasiswa didapatkan skor 89,58%, dengan kriteria “sangat baik” dan kelompok besar yang terdiri dari 19 orang mahasiswa didapatkan skor 88.04%, dengan kriteria “sangat baik” yang menandakan kamus elektronik layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran berupa kamus elektronik ini dapat dijadikan salah satu sarana pembelajaran mandiri, yang dapat digunakan untuk mempermudah mahasiswa mempelajari bahasa ilmiah pada matakuliah struktur tumbuhan materi organ buah. Disarankan untuk menguji pengaruh penggunaan kamus elektronik struktur tumbuhan materi organ buah terhadap hasil belajar mahasiswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DELVI DWI SANDRA |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 02:19 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 02:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5470 |
Actions (login required)
View Item |