Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Materi Genetika Molekuler Berbasis Socio Scientific Issue (SSI) sebagai Sumber Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi

Susi, Susi (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Materi Genetika Molekuler Berbasis Socio Scientific Issue (SSI) sebagai Sumber Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (112kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Mata kuliah genetika sudah menggunakan beberapa media pembelajaran seperti PPT, Gambar, Video dan lainnya. Meskipun telah ada media pembelajaran dengan video, namun belum ada yang menerapkan media video pembelajaran interaktif yang mengaitkan isu sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk media video pembelajaran interaktif pada mata kuliah genetika, untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran interaktif, untuk mengetahui persepsi dosen dan mahasiswa terhadap media video pembelajaran interaktif yang dikembangkan, dan untuk mengetahui keefektifan video pembelajaran interaktif materi Genetika Molekuler berbasis Socio Scientific Issue (SSI) terhadap literasi sains mahasiswa Pendidikan Biologi. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analyze,Design, Develop, Implement, Evaluate). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi Angkatan 2021. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, angket presepsi dosen dan angket persepsi mahasiswa kepada 24 mahasiswa, serta tes yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini adalah media video interaktif yang telah melalui tahap validasi media yang dilakukan sebanyak 2 kali memperoleh persentase tahap I sebesar 58,33% dan tahap II sebesar 83,33% . Hasil validasi materi yang dilakukan sebanyak 2 kali memperoleh persentase tahap I sebesar 43,75% dan tahap II sebesar 95,83%, sehingga validasi media dan materi termasuk dalam kategori”sangat layak”. Hasil penilaian oleh Dosen matakuliah genetika diperoleh respon 91,6% dengan kategori “sangat layak”. Hasil ujicoba mahasiswa kelompok kecil memperoleh persentase respon sebesar 86,94% dan ujicoba mahasiswa kelompok besar memperoleh persentase respon 86,38% dengan kategori keduanya yaitu“ sangat layak”. Hasil pretest dan posttest didapatkan hasil uji paired sample t-test yaitu ,000 < 0,05 artinya adanya pengaruh sebelum dan sesudah diberikannya video interaktif dan rata-rata N-gain sebesar 0,60 kategori sedang. Disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif materi Genetika Molekuler berbasis Socio Scientific Issue (SSI) layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Genetika sebagai sumber literasi sains mahasiswa Pendidikan Biologi. Genetics courses already use several learning media such as PPT, Images, Videos and others. Even though there has been learning media with videos, no one has implemented interactive learning video media that links science issues. This study aims to develop an interactive learning video media product in genetics courses, to determine the feasibility of interactive learning video media, to determine the perceptions of lecturers and students towards the interactive learning video media developed, and to determine the effectiveness of interactive learning videos on Socio-based Molecular Genetics material. Scientific Issue (SSI) on scientific literacy of Biology Education students. This type of research is R&D using the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). This research was conducted on Biology Education students at Jambi University Class of 2021. The data collection instrument used a validation questionnaire for media experts and material experts to determine the feasibility of the product being developed, a lecturer perception questionnaire and a student perception questionnaire for 24 students, as well as tests analyzed using SPSS software version 26 The results of this study are interactive video media which has gone through the media validation stage which was carried out 2 times to obtain the percentage for stage I of 58.33% and stage II of 83.33%. The results of the material validation carried out 2 times obtained the percentage for stage I of 43.75% and stage II of 95.83%, so that media and material validation were included in the "very feasible" category. The results of the assessment by the lecturer in the genetics course obtained a response of 91.6% in the "very decent" category. The results of the small group student trials obtained a response percentage of 86.94% and the large group student trials obtained a response percentage of 86.38% with the second category being "very feasible". The results of the pretest and posttest obtained from the paired sample t-test, namely .000 <0.05, meaning that there was influence before and after the interactive video was given and the average N-gain was 0.60 in the medium category. It was concluded that interactive learning videos on Molecular Genetics based on Socio Scientific Issues (SSI) are appropriate and effective for use in learning Genetics as a source of scientific literacy for Biology Education students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video interaktif, Genetika Molekuler, Socio Scientific Issue, Literasi Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SUSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:47
Last Modified: 07 Aug 2023 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54714

Actions (login required)

View Item View Item