FADHILAH, BIANDA DEA (2023) PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 12 KOTA JAMBI)
Skripsi Full bianda.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 12 KOTA JAMBI)
Cover & Halaman Judul.pdf - Published Version Download (166kB) |
![]() |
Text (PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 12 KOTA JAMBI)
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf - Published Version Download (254kB) |
![]() |
Text (PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 12 KOTA JAMBI)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (150kB) |
![]() |
Text (PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 12 KOTA JAMBI)
BAB 1.pdf - Published Version Download (304kB) |
![]() |
Text (PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 12 KOTA JAMBI)
BAB 5.pdf - Published Version Download (172kB) |
![]() |
Text (PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 12 KOTA JAMBI)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version Download (275kB) |
![]() |
Text (PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA N 12 KOTA JAMBI)
Lembar Pernyataan.pdf - Published Version Download (168kB) |
Abstract
Fadhilah, Bianda Dea. (2023). Peranan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di SMAN 12 Kota Jambi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Dra. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M (2) Dr. Robi Hendra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Peranan Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana peranan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di SMAN 12 kota Jambi Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (Case Study). Subjek penelitian adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah peranan kepala sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi serta kendala-kendala dan upaya dalam implementasi pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di SMAN 12 kota Jambi yaitu kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator, dan supervisor dalam implementasi pendidikan karakter kepala sekolah melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Adapun kendala pada implementasi pendidikan karakter yaitu siswa kurang mentaati peraturan dan kedisiplinan sekolah karena sarana prasarana yang belum memadai dikarenakan SMAN 12 Kota Jambi merupakan sekolah baru dan terkendala sekolah yang sementara memakai gedung Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi. Upaya yang telah dilakukan kepala sekolah yaitu melakukan analisis terhadap hambatan dan membuat perencanaan untuk meminimalisir hambatan terhadap keberlangsungan kegiatan sekolah kepala sekolah juga melakukan pengawasan dan evaluasi secara langsung terhadap implementasi pendidikan karakter di SMAN 12 Kota jambi. Fadhilah, Bianda Dea. (2023). The Role of the Principal in Implementation Character Education at SMAN 12 Kota Jambi, Department of Education, Faculty Teacher Training and Education, Jambi University, Supervisor: (1) Dr. dr. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M (2) Dr. Robi Hendra, S.Pd., M.Pd. Keywords: The Role of the Principal, Character Education The purpose of this research is to know how the role of the school principal in the implementation of character education at SMAN 12 Jambi city This study uses a qualitative approach to this type of research case study (Case Study). The research subject is the school principal. Technique data collection in this study using the method of interview technique data analysis used is data collection, data reduction, presentation data, and drawing conclusions. In this study, the problem is the role of the school principal in planning, implementation, monitoring, and evaluation as well as constraints and efforts in implementing character education. The results of the study show that the role of the school principal is in implementation character education at SMAN 12 Jambi city, namely the principal as educators, managers, administrators, and supervisors in the implementation of education the character of the principal in planning, implementing, supervising, and evaluation. The obstacles to the implementation of character education are students lack of compliance with school rules and discipline because of poor infrastructure inadequate because SMAN 12 Kota Jambi is a new school and constrained by the school temporarily using the Agriculture Office building and Jambi City Food Security. Efforts that have been made by the principal of the school namely conduct an analysis of the barriers and make a plan for minimize obstacles to the continuity of the principal's school activities The school also conducts direct monitoring and evaluation of implementation of character education at SMAN 12 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | FADHILAH |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:38 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |