DESKRIPSI STRUKTUR PENGETAHUAN SISWA KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2 JAMBI PADA KONSEP HUKUM NEWTON

Sianipar, Samanta Rumiana and Maison, Maison and wardana, rendy wikrama (2018) DESKRIPSI STRUKTUR PENGETAHUAN SISWA KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2 JAMBI PADA KONSEP HUKUM NEWTON. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover_1.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.png

Download (1MB) | Preview
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya informasi yang akurat dan ilmiah tentang struktur pengetahuan siswa kelas X MIA SMA Xaverius 2 Jambi pada konsep Hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk menggali, mengungkap, serta mendeskripsikan strukur pengetahuan siswa kelas X MIA SMA Xaverius Jambi pada konsep Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Xaverius 2 Jambi pada April 2018. Instrumen penelitian ini menggunakan The Force Concept Inventory (FCI), tes FCI merupakan tes pilihan ganda yang dirancang untuk mengkaji pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang paling mendasar dalam mekanika Newton. Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan tes pilihan ganda, dan tes thinking aloud serta wawancara dengan siswa kelas X MIA SMA Xaverius 2 Jambi. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan berdasarkan nilai rata-rata dari skor jawaban siswa, kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran struktur pengetahuan siswa pada konsep Hukum Newton masih berkategori lack of local coherence. Hal ini diperoleh dari hasil jawaban siswa pada saat wawancara, hanya sedikit siswa yang menjawab setiap soal dengan benar dan sebagian besar siswa menjawab dengan alasan tidak tahu atau dengan alasan yang salah. Beberapa hal penyebab rendahnya konsepsi siswa kelas X MIA SMA Xaverius 2 Jambi yaitu, siswa kurang terlatih mengerjakan soal-soal tentang pemahaman konsep, serta adanya prakonsep yang salah dan miskonsepsi siswa mengenai pemahaman konsep Hukum Newton.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Deskripsi, Struktur Pengetahuan, Hukum Newton.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SAMANTA RUMIANA SIANIPAR
Date Deposited: 24 Sep 2018 06:39
Last Modified: 24 Sep 2018 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item