PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS JAMBI

S, NURHIKMAH PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS JAMBI. JURNAL PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
repository.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS JAMBI Nurhikmah S, Dr. Hj. Muazza, M.Si1, Riyo Riyadi, S.Pd.,M.Pd2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Email: Siska28.S2@gmail.com ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kepuasan mahasiswa terhadap kualitas yang diberikan oleh pelayanan akademik yang disebabkan oleh kurang ramahnya petugas akademik terhadap mahasiswa serta fasilitas belajar yang kurang memadai sehingga membuat mahasiswa cenderung kurang nyaman saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015 Universitas Jambi, 2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015 Universitas Jambi, 3) Pengaruh kualitas pelayanan akademik dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015 Universitas Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015 Universitas Jambi. Populasi berjumlah 72 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 22 item untuk kualitas pelayanan akademik, 15 item untuk variabel fasilitas belajar dan 20 item untuk variabel kepuasan mahasiswa. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pendiidkan ekonomi angkatan 2015 Universitas Jambi dengan thitung 5,914 > ttabel 1,99 dengan uji signifikansi 0,000 < 0,05. Ada pengaruh fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015 Universitas Jambi dengan thitung 9,554 > ttabel 1,99 dengan uji signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya ada pengaruh kualitas pelayanan akademik dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015 Universitas Jambi dengan Fhitung 60,102 > Ftabel 3,13 pada signifikasi 0,000, serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,635 atau 63,5 persen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan akademik dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015 Universitas Jambi. Disarankan kepada pelayanan akademik yang lebih bagus agar mahasiswa terus merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan, serta bagi universitas agar menyediakan fasilitas yang lebih memadai dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci: kualitas pelayanan akademik, fasilitas belajar dan kepuasan mahasiswa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NURHIKMAH S
Date Deposited: 24 Sep 2018 07:26
Last Modified: 24 Sep 2018 07:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5482

Actions (login required)

View Item View Item