PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD KARYA JAYA DESA BUKIT HARAPAN

AHYAN, AHYAN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD KARYA JAYA DESA BUKIT HARAPAN. JURNAL PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD KARYA JAYA DESA BUKIT HARAPAN.

[img] Text
REPOSITORY.pdf

Download (351kB)

Abstract

ABSTRAK Ahyan. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Koperasi Terhadap Partisipasi Anggota KUD Karya Jaya Desa Bukit Harapan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Dr. Rosmiati, S. Pd., M. Pd Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Koperasi, Partisipasi Anggota KUD Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan pengurus dalam mengelola KUD Karya Jaya sehingga berdampak pada citra koperasi, dari model usaha yang dilakukan pada tahun 2015 hanya simpan pinjam dan penjualan kebutuhan pertanian, pada tahun 2016 kembali lagi menjadi tiga model usaha, koperasi seringkali mendapatkan persepsi yang negatif dari anggotanya, koperasi cenderung mendahulukan kepentingan suatu kelompok atau individu yang dipandang lebih tinggi pada suatu lingkungan masyarakat. Nilai kejujuran, keterbukaan, dan tanggunga jawab sering kali dilanggar, terutama oleh pengurus koperasi yang juga selaku anggota koperasi mengakibatkan buruknya persepsi anggota terhadap koperasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra koperasi terhadap partisipasi anggota KUD Karya Jaya Desa Bukit Harapan. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) yaitu kualitas pelayanan , dan citra koperasi , (Variabel terikat (dependen variabel). partisipasi anggota (Y). Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dalam penelitian ini yaitu di KUD Karya Jaya Desa Bukit Harapan. Berdasarkan hasil penelitian, Untuk variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 0.051 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.051 (X1). Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 4.403 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 64 maka t tabel = 1,6690 , untuk variable citra koperasi (X2) sebesar 0,261 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.261 (X2). Pada tabel tersebut nilai t sebesar 2,145 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 64 maka t tabel = 1.6690, Untuk uji regresi berhanda diketahui Rsquare = 0,820 sementara rtabel = 0,244 Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas pelayanan dan Citra koperasi Terhadap Partisipasi anggota KUD Karya Jaya Desa Bukit Harapan dengan Besaran dalam Persamaan Regresi sebesar 80,4%. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan citra koperasi terhadap partisipasi anggota KUD Karya Jaya Desa Bukit Harapan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AHYAN
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:08
Last Modified: 25 Sep 2018 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5488

Actions (login required)

View Item View Item