Sari, Novita (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas X Perhotelan SMK Negeri 6 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
Text
COVER NOVI.pdf Download (185kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (390kB) |
|
Text
ABSTRAK 2.pdf Download (282kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (659kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (290kB) |
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (230kB) |
|
Text
SKRIPSI FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Novita. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas X Perhotelan SMK Negeri 6 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) : Drs. Irwan M.Pd., (II) Alif Aditya Candra M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Game Edukasi Kahoot, Berpikir Kritis, PPKn. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan khususnya dalam teknologi serta salah satu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan persentase 33% maka dari itu penulis merasa perlu adanya inovasi dari guru dalam menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya adalah media pembelajaran, diantaranya yaitu media pembelajaran game edukasi berbasis Kahoot karena aplikasi Kahoot merupakan kuis interaktif dimana dapat mengukur wawasan murid atas materi yang sudah diberikan oleh guru sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran game edukasi berbasis Kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X Perhotelan SMK N 6 Kota Jambi, dengan tujuan tersebut penulis mampu mengetahui pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran Kahoot untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa X Perhotelan yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dengan jumlah 99 orang siswa. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dengan sampel yang terpilih kelas X Perhotelan sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh, rata-rata skor posttest 69,6% dengan kategori “kritis” sedangkan rata-rata skor pretest 39,5% dengan kategori “Kurang Kritis”. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Sample t Test diperoleh nilai sign(2-tailed) pada kemampuan berpikir kritis adalah 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran game edukasi berbasis kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan sebaiknya dalam proses pembelajaran guru harus lebih kreatif dalam memilih model dan media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Game Edukasi Kahoot, Berpikir Kritis, PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | NOVITASARI |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 06:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54884 |
Actions (login required)
View Item |