-Mashita, Mashita (2023) Pengembangan e-Modul Berbasis Inkuiri Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA. S1 thesis, Pendidikan Kimia.
Text
Cover-1.pdf Download (432kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (294kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (114kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (97kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (9kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (14kB) |
|
Text
SKRIPSI_MASHITA (A1C118083) (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Mashita. 2023. “Pengembangan e-Modul Berbasis Inkuiri Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Harizon, M.Si. (II) Drs. Fuldiaratman, M.Pd. Kata Kunci: e-Modul, Inkuiri, Hidrolisis Garam. Modul merupakan suatu bahan ajar pembelajaran yang isinya relatif singkat dan spesifik yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran. Modul biasanya memiliki suatu rangkaian kegiatan yang terkoordinir dengan baik berkaitan dengan materi dan media serta evaluasi yang memiliki karakteristik yaitu prinsip belajar mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran e-Modul kimia berbasis inkuiri padamateri hidrolisis garam, mengetahui kelayakan e-Modul berdasarkan ahli materi dan ahli media, dan mengetahui penilaian guru dan respon siswa terkait kepraktisan e-Modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunkan model pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu, Analisis (Analysis), Desain (Design), dan Pengembangan dan Implementasi (Development and Implementation). Menggunakan data kualitatif (komentar dan saran) dan data kuantitatif (rata-rata skor jawaban). Hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa e-Modul kimia berbasis inkuiri pada materi hidrolisis garam sebagai media pembelajaran yang dikembangkan mendapat hasil kelayakan dari ahli materi sebesar 4,2 (sangat layak), ahli media sebesar 4,31 (sangat layak) penilaian guru sebesar 4,53 (sangat layak) dan persentase respon siswa sebesar 91,73% (sangat baik). Berdasarkan hasil yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa e-Modul kimia berbasis inkuiri pada materi hidrolisis garam dikategorikan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, Inkuiri, Hidrolisis Garam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mashita |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 07:51 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 07:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54940 |
Actions (login required)
View Item |