Mahda sitho, Melsa (2023) keefektifan penggunaan media video tutorial terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Laboratorium UIN STS Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI MELSA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
DOC-20230816-WA0001..pdf Download (329kB) |
|
Text
DOC-20230816-WA0000..pdf Download (398kB) |
Abstract
ABSTRAK Sitho, Melsa Mahda. 2023. Keefektifan Penggunaan Media Video Tutorial terhadap kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTs Laboratorium UIN STS Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Rasdawita, M.M., (II) Arum Gati Ningsih, M.Pd. Kata kunci: efektif, media video tutorial, teks prosedur. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya nilai peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur. Proses pembelajaran masih terpaku pada pembelajaran konvensional saja tanpa menggunakan media pembelajaran lain. Dari permasalahan tersebut, penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu allternatif dalam pembelajaran kemampuan menulis teks prosedur pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui keefektifan penggunaan media video tutorial dalam keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Laboratorium UIN STS Jambi Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di MTs Laboratorium UIN STS Jambi pada bulan Mei 2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara tes yaitu diberikan 2 kali perlakuan yang pertama pretest dan kedua posttest terhadap siswa kelas VII yang terpilih menjadi sampel penelitian (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia (sebagai data penunjang). Setelah dilakukan tes, data dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial berupa uji komparasi yaitu uji-t berpasangan dengan bantuan SPSS 26. Hasil dari Uji t Berpasangan adalah nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.00 yang mana angka ini lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest hasil menulis teks prosedur siswa. Penggunaan media video dalam pembelajaran menulis teks prosedur, mempermudah siswa menulis teks prosedur sesuai dengan struktur dan kaidah penulisan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Laboratorium UIN STS Jambi. Dan dari hasil penelitian disarankan agar guru dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal. Di samping itu, guru sebagai pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran mestinya meningkatkan kemampuan mengajar, penggunaan media, dan memvariasikan strategi yang tepat. Siswa juga harus dilatih memanfaatkan sarana dan prasarana.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Sitho |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 06:32 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54996 |
Actions (login required)
View Item |