Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia Kelas XI SMA Negeri 5 Tebo

Sodiq, Yanwar (2023) Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia Kelas XI SMA Negeri 5 Tebo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Yanwar Sodiq_A1A318065_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Persetujuan.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang sulitnya siswa berpikir HOTS. Ini didapatkan dari hasil tes di SMA Negeri 5 Tebo bahwa kemampuan HOTS siswa berpredikat kurang dikarenakan beberapa hal, yakni; (1) peserta didik menjadi pasif karena banyaknya jangkauan materi dan ketidaksamaan taraf berpikir antar peserta didik sehingga siswa terkendala dalam memahami apa yang disampaikan guru; (2) minimnya variasi pembelajaran yang mampu menumbuhkan tingkat berpikir siswa walaupun telah banyak model serta metode pembelajaran yang digunakan guru; (3) keterbatasan bahan ajar serta penggunaan media pembelajaran yang membuat siswanya memanfaatkan buku siswa melalui contoh sederhana dalam keseharian mereka yang membuat siswa pasif saat proses pembelajaran; (4) kurangnya kemampuan siswa dalam HOTS. Tujuan pada penelitian ini agar dapat mendeskripsikan pengaruh penggunaan media komik digital terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran PPKn materi sistem hukum dan peradilan di Indonesia kelas XI di SMA Negeri 5 Tebo. Jenis penelitian berjenis eksperimen dengan metode True Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Adapun objeknya yakni siswa kelas XI SMA Negeri 5 Tebo, XI MIPA 1 (kelas eksperimen) yang menerapkan media komik digital dan XI MIPA 2 (kelas kontrol) tanpa adanya media. Pengumpulan datanya berbentuk tes dengan soal sebanyak 6 butir yang mengandung indikator HOTS yakni menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Temuannya adalah kemampuan HOTS siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Perbedaan ini dikarenakan adanya pengaruh dari media komik digital di kelas eksperimen. Hal ini terlihat pada hasil perhitungan SPSS dimana kemampuan HOTS siswa kelas eksperimen lebih tinggi yakni 63% dan kelas kontrol 25%. Maka dari itu, bisa disimpulkan media komik digital dapat mempengaruhi kemampuan HOTS peserta didik. Melalui penelitian, peneliti berharap bisa bermanfaat bagi banyak pihak, baik bagi guru, peneliti lain, dan peneliti sendiri. Hasil penelitian bisa menjadi referensi mengenai pengaruh penggunaan media komik digital terhadap kemampuan HOTS siswa. Kata Kunci: komik digital, HOTS, PPKn.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: sodiq
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:30
Last Modified: 18 Aug 2023 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55019

Actions (login required)

View Item View Item