Pembelajaran Tumbuhan secara Tradisional pada Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD)

Sitanggang, Irna Arissa (2023) Pembelajaran Tumbuhan secara Tradisional pada Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
COVER JUDUL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (202kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran tumbuhan secara tradisional pada masyarakat Suku Anak Dalam sudah mulai ditinggalkan dan sudah mengalami degradasi seiring dengan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya orang tua dalam membelajarkan anak-anak SAD mengenai tumbuhan dan untuk mengetahui upaya anak-anak SAD dalam mempelajari tumbuhan yang ada disekitarnya. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat SAD di Desa Pematang Kabau dan Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi pada bulan Desember 2022-April 2023. Responden ditentukan menggunakan teknik Purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh cara orang tua mengenalkan tumbuhan dengan mengajak anak-anak mereka masuk ke dalam hutan dan tumbuhan yang pertama kalinya dikenalkan oleh orang tua kepada anak-anak yaitu tumbuhan obat. Namun saat ini orang tua lebih banyak mengenalkan tumbuhan pangan, seperti buah-buahan. Hal ini dikarenakan semakin sulitnya menemukan tumbuhan obat dan masyarakat SAD lebih memilih pengobatan modern yang disediakan oleh pemerintah seperti puskesmas. Anak-anak SAD yang sudah menempuh pendidikan formal lebih fokus pada pembelajaran yang mereka dapatkan di sekolah dan juga mereka lebih mengenali jenis-jenis tumbuhan yang diajarkan oleh gurunya ataupun yang mereka lihat dibuku pelajaran. Meskipun anak-anak SAD lebih banyak menghabiskan waktu diluar, namun mereka masih bisa belajar mengenai tumbuhan berdasarkan pengalaman pribadi, orangtua, dan dari lingkungan tempat tinggal mereka. Anak-anak SAD lebih mengenali jenis buah-buahan yang mereka peroleh dari buku, sedikitnya ada 15 jenis buah yang digemari oleh anak-anak SAD.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan lokal, Suku Anak Dalam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Sitanggang
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:49
Last Modified: 18 Aug 2023 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55020

Actions (login required)

View Item View Item