Putri Andini, Mariani (2023) Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Menulis Teks Prosedur Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (115kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (327kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi dalam menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dalam menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Data yang didapatkan dari penelitian ini berupa hasil observasi, wawancara bersama guru terkait proses pembelajaran berdiferensiasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dalam menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi sesuai dengan rancangan yang dibuat. Guru telah menerapkan tiga pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam pelaksanaan pembelajaran yakni berdiferensiasi konten, berdiferensiasi proses, dan berdiferensiasi produk. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran berdiferensiasi dalam menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi secara keseluruhan terlaksana dengan optimal, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi yang telah dirancang pada modul ajar. This paper aims to describe differentiated learning in writing procedure text in class VII of SMP Negeri 1 Jambi City. The formulation of the problem in the study is how differentiated learning in writing procedure text in class VII SMP Negeri 1 Jambi City. The method used in this research is qualitative. This type of research is descriptive. The subject of this research is the seventh grade Indonesian language teacher of SMP Negeri 1 Jambi City. The data obtained from this study are in the form of observation results, interviews with teachers related to the differentiated learning process, and documentation. The results of this study indicate that differentiated learning in writing procedure text in class VII SMP Negeri 1 Jambi City is in accordance with the design made. Teachers have implemented three differentiated learning approaches in the implementation of learning, namely content differentiation, process differentiation, and product differentiation. The conclusion of this study is that differentiated learning in writing procedure text in class VII SMP Negeri 1 Jambi City as a whole is carried out optimally, in accordance with the differentiated learning steps that have been designed in the teaching module.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berdiferensiasi, menulis, teks prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Andini |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:14 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55049 |
Actions (login required)
View Item |