Upaya Guru Melatih Pembiasaan dalam Toilet Training pada Anak Kelompok B5 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi

Nabila, Salsa (2023) Upaya Guru Melatih Pembiasaan dalam Toilet Training pada Anak Kelompok B5 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. S1 thesis, PG-PAUD.

[img] Text
Skripsi Salsa Nabila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I-BAB IV.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

Nabila, Salsa. 2023. Upaya Guru Melatih Pembiasaan dalam Toilet Training pada Anak Kelompok B5 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Kasmiati, M.Pd. (II) Sri Indriani Harianja, M.Pd. Kata Kunci: Pembiasaan, Toilet TrainingPeneliti menemukan fenomena mengenai pembiasaan Toilet Training pada saat melakukan observasi awal di TK Islam A l-Falah Kota Jambi dengan berjumlah 21 anak di kelompok B5 dan ditemukan bahwa terdapat 1 anak kelompok B5 yang masih ketergantungan menggunakan popok atau pampers. Disisi lain terdapat 1 anak yang masih takut untuk masuk ke toilet, dan terdapat 1 anak lagi yang sering menahan pipis dicelana. Dalam observasi juga terlihat bahwa beberapa anak kelompok B5 belum mampu melakukan Toilet Training sendiri, ketidakmampuan anak yaitu pada saat melepas dan mengenakan kembali celananya terutama pada saat mengancing dan mengaitkan kembali celananya sendiri secara benar, serta ketidakmampuan anak dalam membersihkan diri dibagian tubuh sekitar setelah buang air kecil dan buang air besar, sehingga anak masih memerlukan bantuan guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui upaya guru melatih pembiasaan dalam Toilet Training pada anak kelompok B5 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku wali kelas yang mengajar di kelompok B5 serta kepala sekolah di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Teknik pengumpulan data melalui 3 cara, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru melatih pembiasaan dalam Toilet Training pada anak kelompok B5 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi dilakukan melalui 2 cara, yaitu memberikan penjelasan secara langsung dan memberikan contoh. Memberikan penjelasan secara langsung berupa menyampaikan pemahaman anak tentang makna dan tata cara Toilet Training, pemahaman anak dan orang tua tentang pentingnya penggunaan toilet dibandingkan pampers, serta pemahaman anak tentang perasaan ingin buang air. Sedangkan memberikan contoh berupa berdo’a sebelum dan setelah menggunakan toilet, menunjukkan cara memakai toilet, mengajarkan cara melepas pasang celana/rok serta kancing dan tali pinggangnya, menunjukkan cara mencuci tangan dengan baik dan benar, menunjukkan cara menyiram toilet, memberikan bantuan dan dukungan kepada anak yang masih belum bisa Toilet Ttraining sendiri, serta memberikan pujian terhadap anak yang sudah dapat melakukan Toilet Training sendiri.

Type: Thesis (S1)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Nabila
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:10
Last Modified: 15 Sep 2023 08:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55086

Actions (login required)

View Item View Item