S Niati, Ayu (2023) Pengaruh Media Tutup Botol Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Islam Terpadu Al Muthmainnah Jambi. Pengaruh Media Tutup Botol Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Terpadu Al Muthmainnah Jambi.
Text
SKRIPSI AYU _ A1F119013.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (188kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (331kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB 1- IV.pdf Download (962kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (296kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
S, Ayu Niati 2023. Pengaruh Media Tutup Botol Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Terpadu Al Muthmainnah Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan dasa,FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si. Pembimbing (II) Winda Sheryl Utami, M.Pd. Kata Kunci: Media Tutup Botol, Kemampuan Mengenal Huruf Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Terpadu Al Muthmainnah Jambi masihrendah ditandai saat anak diminta untuk menyebutkan huruf, mereka belum mengenal huruf dan masih bingung dalam hal itu. Kemudian sebagian anak juga belum dapat menyusun huruf sesuai dengan urutannya, belum mampu mengenal huruf dengan baik, masih kesulitan dalam menyebutkan huruf vokal dan konsonan ketika dihadapkan pada bentuk huruf. Selanjutnya anak kesulitan dalam membedakan huruf yang hampir mirip seperti huruf a dengan o, huruf p dengan q, m dengan w, v dengan f. Hal tersebut dikarenakan anak-anak kurang tertarik dengan media yang diberikan guru dalam belajar mengenal huruf, kurangnya media dalam belajar huruf dan kegiatan pembelajaran yang monoton dan tidak menyenangkan, media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga kurang menarik perhatian anak dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apakah media tutup botol berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada aspek mengenal simbol-simbol huruf di TK Islam Terpadu Al Muthamainnah Jambi, apakah media tutup botol berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf anak pada aspek menuliskan huruf A-Z di TK Islam Terpadu Al Muthamainnah Jambi dan untuk mengetahui apakah media tutup botol berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada aspek mengucapkan huruf A-Z di TK Islam Terpadu Al Muthamainnah Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 lembaga yaitu di TK Islam Terpadu Al Muthmainnah Jambi. Sampel dalam penelitian ini yaituanak usia dini yang berusia 4-5 tahun berjumlah 22 anak dari keseluruhan kelas di TK Islam Terpadu Al Muthmainnah Jambi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis ini diperoleh nilai t hitung sebesar (14,442) > t tabel (2,086) t tabel didapatkan dari n-20 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 2,086. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh media tutup botol huruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK Islam Terpadu Al Muthmainnah Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | S. |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 07:11 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55113 |
Actions (login required)
View Item |