SARI DEWI, NOVITA STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. JURNAL STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (464kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari Dewi, Novita. 2018. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA PGRI 2 Kota Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Jambi, Skripsi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. May Maemunah, M.E., (II) Dra. Refnida, M.E. Kata Kunci: Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Semangat belajar peserta didik ditentukan dengan strategi guru dalam mengajar. Strategi guru dalam menguasai kelas serta guru yang harus selalu meningkatkan kreatifitasnya sehingga bisa menghasilkan siswa yang aktif, selalu semangat serta termotivasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui 1. faktor-faktor yang menjadi penyebab kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di SMA PGRI 2 Kota Jambi. 2. strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menghasilkan data deskriptif. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan analisis data model mile and huberman yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang menjadi faktor penyebab kurangnya motivasi belajar ada dua faktor 1. Faktor Internal yaitu menggunakan strategi yang itu-itu saja dapat membuat siswa merasa bosan dan tidak semangat untuk belajar, faktor dalam diri siswa juga menjadi penyebab kurangnya motivasi belajar siswa, misalnya dengan tidak ada kemauan untuk belajar pada siswa itu sendiri. 2. Faktor Eksternal yaitu Pengaruh dari teman sebaya, kurang perhatian dan pengawasan dari orang tua. Kesimpulan penelitian Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA PGRI 2 Kota Jambi yaitu (1) Menggunakan strategi yang beragam. Melakukan hal yang sama secara terus menerus bisa menimbulkan kebosanan (2) Menjadikan siswa aktif (3) Menciptakan suasana kelas yang kondusif (4) Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan (5) Melibatkan diri untuk membantu siswa. Guru ikut melibatkan diri dapat membantu siswa untuk memecahkan masalah yang siswa tidak bisa. Dapat meningkatkan motivasi siswa (6) Memberikan tugas (7) Memberikan Nilai. Memberikan nilai kepada siswa yang telah menyelesaikan tugas yang telah diberikan dari guru sangat penting karena untuk meningkatkan motivasi belajar siswa untuk belajar (8) Mengadakan Kompetisi. Mengadakan kompetisi di dalam kelas tidak selalu hal yang buruk, bahkan bisa menjadi sesuatu yang positif jika diterapkan untuk sesuatu yang positif (9) Memberikan Pujian. Sudah sepantasnya siswa yang berprestasi untuk di berikan penghargaan atau pujian (10) Memberikan Penghargaan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVITA SARI DEWI |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 06:36 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |