Kebermaknaan Hidup Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) dengan Kasus Pembunuhan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Muara Bulian Jambi

Anam, Siska Aprilia (2023) Kebermaknaan Hidup Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) dengan Kasus Pembunuhan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Muara Bulian Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (704kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAKK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
SKRIPSI Fulltex- Siska.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Bab-1.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

KEBERMAKNAAN HIDUP ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN (ANDIKPAS) DENGAN KASUS PEMBUNUHAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II MUARA BULIAN JAMBI 1Siska Aprilia Anam, 2Agung Iranda, 3Dessy Pramudiani 1Departement of Psychology, Jambi University/ siskaapriliaanam26@gmail.com 2Departement of Psychology, Jambi University/ agungiranda@unja.ac.id 3Departement of Psychology, Jambi University/ dessy.79_psikologi@unja.ac.id ABSTRAK LATAR BELAKANG : Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) dengan kasus pebunuhan membawa tantangan tersendiri, dimana kebermaknaan hidup mereka dipengaruhi oleh peristiwa tragis yang telah dialami. Banyaknya masalah dan konsekuensi yang harus ditanggung oleh Andikpas agar dapat bertahan dalam kondisi tersebut, dibalik penderitaan itu seharusnya individu dapat memaknai hidupnya atau setidaknya memahami alasan mengapa mereka hidup. TUJUAN : Untuk mengetahui gambaran dan faktor yang mempengaruhi kebermaknaan hidup Andikpas dengan kasus pembunuhan di LPKA Kelas II Muara Bulian Jambi. METODE : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Analisis data Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Kriteria partisipan Andikpas di LPKA Kelas II Muara Bulian Jambi dengan kasus pembunuhan, laki-laki berusia 12-18 tahun dan sedang menjalani masa tahanan dalam kurun 3-8 tahun. HASIL : Gambaran kebermaknaan hidup partisipan dalam penelitian ini adalah berubah lebih baik, perencanaan hidup, perasaan bersalah,mengakui kesalahan,kepatuhan dan religius yang meningkat. Adapun faktor yang mempengaruhi kebermaknaan hidup adalah dukungan keluarga, respon orang lain dan relasi dengan Andikpas. KESIMPULAN : Partisipan telah mengungkapkan kebermaknaan hidup yang muncul dari balik penderitaan yang dialami, dan menjadi motivasi untuk menghadapi kehidupan serta mencari kebahagiaan dalam perjalanan hidupnya. Kata Kunci : Kebermaknaan Hidup, Anak Didik Pemasyarakatan, Pembunuhan

Type: Thesis (S1)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Anam
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:43
Last Modified: 23 Aug 2023 01:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55134

Actions (login required)

View Item View Item