FARIDA, TITIK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA GAMBAR/FOTO YANG DIOLAH MENGGUNAKAN AURORA 3D PRESENTATION DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATERI PTERIDOPHYTA UNTUK SISWA KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA GAMBAR/FOTO YANG DIOLAH MENGGUNAKAN AURORA 3D PRESENTATION DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATERI PTERIDOPHYTA UNTUK SISWA KELAS X SMA.
![]() |
Text
UPLOAD REPOSITORY.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Farida, Titik. 2018. Pengembangan media pembelajaran biologi berupa gambar/foto yang diolah menggunakan aurora 3d presentation dalam kegiatan praktikum pada materi pteridophyta untuk siswa kelas x sma: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dra. Hj. Muswita, M.Si (2) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.si. Kata kunci: gambar/foto, pteridophyta, pengembangan media Biologi merupakan mata pelajaran yang dapat mempelajari kehidupan makhluk hidup secara langsung. Seperti halnya materi Pteridophyta yang mempelajari mengenai contoh-contoh tumbuhan dan nama ilmiahnya. Observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 10 Kota Jambi, SMA Negeri 5 Kota Jambi, dan SMA Negeri 1 Muaro Jambi, didapat masih banyak siswa yang kesulitan untuk menemukan contoh tumbuhan paku untuk masing-masing kelas ketika akan melakukan praktikum serta sulit mencocokkan nama ilmiahnya. Apabila siswa memiliki media mengenai tumbuhan paku mereka tidak harus mengambil tumbuhan paku secara terus-menerus. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa media gambar/foto Pteridophyta yang layak untuk digunakan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang terdiri atas kelompok kecil yang berjumlah 8 orang siswa, kelompok besar berjumlah 21 orang siswa, dan 1 orang guru mata pelajaran biologi. Data hasil penelitian berupa data validasi ahli media dan ahli materi, tanggapan siswa, serta guru sebagai pengguna. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi media pertama memperoleh skor tanggapan 36 dengan persentase 60% (cukup). Validasi media yang kedua memperoleh skor 47 dengan persentase 78,33% (baik). Selanjutnya pada validasi media yang ketiga memperoleh skor 57 dengan persentase 95% (sangat baik). Pada validasi materi yang pertama yaitu berupa deskripsi mengenai perbaikan-perbaikan yang yang harus dilakukan. Validasi materi yang kedua memperoleh skor 41 dengan persentase 68,33% (baik). Validasi materi yang ketiga memperoleh skor 50 dengan persentase 83,33% (baik). Hasil ujicoba kelompok kecil memperoleh skor 289 dengan persentase 90,31% (sangat baik). Skor yang diperoleh berdasarkan hasil ujicoba kelompok besar adalah adalah 804 dengan persentase 95,71% (sangat baik). Sedangkan persepsi guru mendapatkan skor adalah 30 dengan persentase 75% (baik). Dengan demikian, media pembelajaran gambar/foto Pteridophyta dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Menengah Atas pada materi Pteridophyta dan dapat digunakan sebagai media alternatif dalam belajar mandiri.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TITIK FARIDA |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 01:36 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 01:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |