WIDYASTUTI, KIKI (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI OLAHAN UBI UNGU ARS SNACK DI KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI (STUDI KASUS : AGROINDUSTRI ARS SNACK). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
skripsi kiki d1b017149.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Abstrak kiki.pdf Download (56kB) |
|
Text
cover.pdf Download (84kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (358kB) |
|
Text
Bab I kiki.pdf Download (124kB) |
|
Text
Bab V kiki.pdf Download (58kB) |
|
Text
Daftar Pustaka kiki.pdf Download (126kB) |
Abstract
ABSTRAK Agroindustri ARS Snack merupakan salah satu usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang masih aktif dari tahun 2008 hingga sekarang dengan karyawan berjumlah 5 orang. Agroindustri ini bergerak dibidang pengolahan makanan yaitu berupa keripik pangsit ubi ungu dan stik ubi ungu. Produk-produk hasil pertanian pada umumnya bersifat tidak tahan lama, mudah rusak dan harga jual yang murah. Hal ini menjadi salah satu alasan pengusaha agroindustri ARS Snack melakukan inovasi untuk memperoleh nilai tambah dari produk pertanian tersebut, oleh karena itu pemilihan strategi pemasaran dan faktor-faktor penyusun yang tepat akan membantu agroindustri tersebut dalam menyelesaikan permasalahan dan mencapai tujuannya untuk memperoleh keuntungan.Adapun meto penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dan kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif menggunakan matriks SWOT dan metode AHP, sedangkan Analisis kuantitatif dilakukan menggunakan matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary). Hasil dari penelitian ini diperoleh strategi pengembangan yang telah di terapkan oleh agroindusri Ars Snack yaitu upgrade packaging dan Alternatif strategi yang dapat digunakan adalah melakukan perjanjian kerja sama dengan pemasok bahan baku untuk menjamin ketersedian bahan baku. Kata kunci : Agroindustri, Strategi, Pengembangan, SWOT, AHP ABSTRACK ARS Snack agroindustry is one of the micro, small and medium enterprises (MSMEs) which is still active from 2008 until now with 5 employees. This agro-industry is engaged in food processing, namely in the form of purple sweet potato dumpling chips and purple sweet potato sticks. Agricultural products are generally not durable, easily damaged and the selling price is cheap. This is one of the reasons ARS Snack agro-industry entrepreneurs innovate to obtain added value from these agricultural products, therefore choosing the right marketing strategy and constituent factors will help the agro-industry in solving problems and achieving its goals to gain profits. the research used is a type of quantitative and qualitative. Qualitative descriptive analysis used the SWOT matrix and AHP method, while quantitative analysis was carried out using the IFAS (Internal Factor Analysis Summary) and EFAS (External Factor Analysis Summary) matrices. The results of this study obtained a development strategy that has been implemented by the Ars Snack agroindustry, namely packaging upgrades and analternative strategy that can be used is to enter into cooperation agreements with raw material suppliers to ensure the availability of raw materials. Keywords: Agroindustry, Strategy, Development, SWOT, AHP
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agroindustri, Strategi, Pengembangan , SWOT, AHP |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | widyastuti |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 03:28 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 04:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55215 |
Actions (login required)
View Item |