PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKANN EKONOMI ANGKATAN 2021 FKIP UNIVERSITAS JAMBI

LIMBONG, DIANA SARI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKANN EKONOMI ANGKATAN 2021 FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN LOCUS OF CONTROL (SKRIPSI).pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER REPO.pdf

Download (198kB)
[img] Text
ABSTRAK REPO.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN REPO.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Locus Of Control terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jambi pada Mei 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2021 yang berjumlah 110 mahasiswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini diambil sebanyak 86 orang mahasiswa yang ditentukan berdasarkan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Penggunaan Smartphone (X1) terhadap Minat Belajar (Y) dengan thitung > ttabel 8.496 > 1988 dan Locus Of Control (X2) terhadap Minat Belajar (Y) dengan thitung > ttabel yaitu 7.922 > 1.988. Secara simultan Penggunaan Smartphone (X1) dan Locus Of Control (X2) terhadap Minat Belajar (Y) sebesar 0,549 atau 54,9%. Sedangkan sisanya sebesar 45,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Dari hasil penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat lebih memanfaatkan smartphone untuk hal yang positif terutama dalam pembelajaran dan lebih meningkatkan locus of control lagi guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Kata kunci: Penggunaan Smartphone, Locus Of Control, Minat Belajar Abstrack This study aims to determine the effect of smartphone use and locus of control on the learning interest of Economics Education Students Batch 2021 FKIP, University of Jambi. This research was conducted at Jambi University in May 2023. The population in this study were all 2021 economics students, totaling 110 students. While the sample from this study was taken as many as 86 students who were determined based on the slovin formula. Data collection techniques using questionnaires. Validity test using product moment analysis techniques and questionnaire reliability using Alpha Cronbach formula. The results showed that there was a positive and significant influence between Smartphone Use (X1) on Interest in Learning (Y) with tcount > ttable 8,496 > 1988 and Locus Of Control (X2) on Interest in Learning (Y) with tcount > ttable, namely 7,922 > 1,988. Simultaneously the use of smartphones (X1) and locus of control (X2) on learning interest (Y) is 0.549 or 54.9%. While the remaining 45.1% is influenced by other variables not explained in this study. From the results of this study it is hoped that students can make better use of smartphones for positive things, especially in learning and further increase locus of control again in order to increase student interest in learning. Keywords : Smartphone Use, Locus Of Control, Interest in Learning

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : Penggunaan Smartphone, Locus Of Control, Minat Belajar : Penggunaan Smartphone, Locus Of Control, Minat Belajar : Penggunaan Smartphone, Locus Of Control, Minat Belajar : Penggunaan Smartphone, Locus Of Control, Minat Belajar penggunaan smartphone, locus of control, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: LIMBONG
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:41
Last Modified: 28 Aug 2023 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55220

Actions (login required)

View Item View Item