Yani, Rosmita STUDI KASUS TENTANG PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. JURNAL STUDI KASUS TENTANG PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
artikel repository.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Yani, Rosmita 2018. Studi Kasus TentangPemanfaatan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maison, M.Si, Ph.D. (II) Tugiyo Aminoto, S,Si, M.Si, M.Ed Kata Kunci: Studi Kasus, Pembelajaran, TIK Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berperan penting di sekolah. Dengan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, dapat mendukung proses belajar-mengajar di sekolah. Pembelajaran dan Pelatihan ICT akan memberikan penekanan pada kebutuhan untuk belajar mengoperasikan sekumpulan software tertentu untuk pengajaran dan administrasi. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dengan menggunakan media diharapkan terjadinya komunikasi yang komunikatif, siswa mudah memahami maksud dari materi yang disampaikan guru, kemudian juga sebaliknya guru mudah dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa. Jenis Penelitian ini mixed methods dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai pemanfaatan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada pembelajaran fisika, mendeksripsikan penggunaan di Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 3 Kota Jambi, serta kendala dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Sumber data penelitian ini adalah guru, siswa dan wakil kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah 1) angket, 2) observasi, 3) wawancara, dan 4) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil tanggapan Siswa, bahwa siswa setuju jika pembelajaran fisika memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK 2) Penggunaan media pembelajar berbasis TIK dalam pembelajaran Fisika di SMA Negeri 3 Kota Jambi hampir dimanfaatkan dengan baik, karena sarana prasarana media berbasis tik sudah memadai 3) Kendala dalam penggunaan media berbasis TIK adalah guru merasa terbebani jika membawa media berbasis TIK seperti LCD Proyektor kekelas. Kendala lainnya adalah banyaknya guru-guru senior yang belum terlalu menguasai media berbasis tik sehingga sulit umtuk menyesuaikan diri dalam menggunakan media saat pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ROSMITA YANI |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 03:11 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 03:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |