Puspita Sari, Ega (2023) Pengaruh layanan penguasaan konten dalam meningkatkan Self-management siswa SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER EGA .pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
Ega abstrak.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
skripsi egaaa ke 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
![]() |
Text
lembaran pernyataan egaa.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul pengaruh layanan penguasaan konten dalam meningkatkan self-management siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi, Selfmanagement merupakan suatu kemampuan yang ada dalam diri seseorang untuk memunculkan dan mengelola emosi, pikiran, perasaan serta perilakunya guna mencapai suatu tujuan tertentu. termasuk juga di lingkungan sekolah, selfmanagement individu selama di sekolah dapat dipengaruhi oleh layanan penguasaan konten yang mengacu pada materi diskusi tentang bagaimana mengelola self-management dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan penguasaan konten terhadap selfmanagement pada siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperiment dan variasi pre-experimental one group pretestposttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan atau karakteristik tertentu, diperoleh sampel sebanyak 35 siswa (Satu kelompok ekperimen). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah item sebanyak 42 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persentase dan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan konten layanan terhadap self-management siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi dengan hasil pre-test sebelum diberikan treatment sebesar 39,16% dan setelah diberikan treatment (post-test) sebesar 43,71%. Dan berdasarkan hasil perhitungan T-test dengan menggunakan SPSS 26.0 terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan konten layanan dan self-management siswa dengan hasil perhitungan menggunakan derajat kebebasan 40 (0,05 dan 0,10) sebesar 1,692 yang merupakan kriteria interpretasi persentase sedang. Dengan demikian, artinya pemberian perlakuan (treatment) melalui layanan penguasaan konten dapat memberikan pengaruh terhadap self-management siswa dengan dibuktikan adanya perbedaan antara self-management siswa sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan sesudah diberikan perlakuan (post-test) yang kualitas selfmanagement siswa mengalami perubahan. Kata kunci: Layanan penguasaan konten, Self-Management
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: penguasaan konten, Self-management |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LD Individual institutions (United States) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 04:57 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |