PENGARUH VIDEOSCRIBE DALAM MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP N 2 TANJUNG JABUNG TIMUR

SURIYANI, NELI PENGARUH VIDEOSCRIBE DALAM MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP N 2 TANJUNG JABUNG TIMUR. JURNAL PENGARUH VIDEOSCRIBE DALAM MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP N 2 TANJUNG JABUNG TIMUR.

[img] Text
artikel repository.pdf

Download (924kB)

Abstract

ABSTRAK Suriyani,Neli. 2018. “Pengaruh Videoscribe Dalam Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 2 Tanjung Jabung Timur”. Skripsi. Program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, jurusan ilmu pengetahuan sosial, fakultas keguruan ilmu pendidikan, universitas jambi. Kata kunci: Videoscribe, Student Teams Achievement Division (STAD), minat belajar Salah satu permasalahan yang ditemui pada pembelajaran PPKn (pendidikan pancasila dan kewarganegaraan) di sekolah adalah kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa menjadi sibuk sendiri, mengobrol bersama teman sebangku, tidak fokus, mengantuk, dan tidak ada umpan balik yang diberikan oleh siswa dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh penggunaan videoscribe dalam model pembelajaran STAD terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Jabung Timur. Penggunaan model pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media videoscibe dalam model pembelajaran STAD pada pelajaran PPKn sangat dibutuhkan, karena semua materi PPKn dapat ditampilkan dengan videoscribe dalam model pembelajaran STAD yang bersifat membangun minat dan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tanjung Jabung Timur, dengan alamat jalan jendral sudirman sk 12 bandar jaya. Pelaksanaan dilakukan pada semester II tahun ajaran 2017/2018 yaitu pada panggal 2 sampai 19 mei 2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Exsprimental design dengan bentuk Nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol sedangkan kelas VIII B sebagai kelas eksprimen. Perlakuan yang diberikan adalah media videoscribe dalam model pembelajaran STAD untuk kelas eksprimen dan pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Untuk melihat apakah terdapat pengaruh videoscribe dalam model pembelajaran STAD terhadap minat belajar siswa adalah (02 – 01) – (04 - 02) atau (7204-60,31) – (57,45-1342) = 15,6. Apabila hasilnya positif (+) maka berpengaruh, dan apabila hasilnya negatif (-) maka tidak berpengaruh. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa videoscribe dalam model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Untuk melihat hasil tersebut signifkan atau tidak, maka di lakukan uji t-test. diperoleh thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 3,71 > 2,018. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa penggunaan videoscribe dalam model pembelajaran STAD berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Jabung Timur. Maka, dalam hal ini hipotesis Ha diterima dan hipotesis H0 ditolak.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NELI SURIYANI
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:12
Last Modified: 26 Sep 2018 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5526

Actions (login required)

View Item View Item