Pemanfaatan Laman Cerdas Berkarakter Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas IX D SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi

Wulan Dari, Dhita (2023) Pemanfaatan Laman Cerdas Berkarakter Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas IX D SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan..pdf

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (368kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dari, Dhita Wulan. 2023. Pemanfaatan Laman Cerdas Berkarakter Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas IX D SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi, Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd., (II) Oky Akbar, Gr., M.Pd. Kata Kunci: laman cerdas berkarakter, menulis, cerpen Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan laman cerdas berkarakter dapat digunakan untuk pembelajaran menulis cerita pendek oleh siswa kelas IX D SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi pada bulan Februari 2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil tes siswa, wawancara dengan guru Bahasa Indonesia, dan siswa kelas IX, serta hasil dokumentasi pada saat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan menggunakan metode triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan mengoreksi jawaban siswa sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Prosedur dalam penelitian ini juga melalui tiga tahapan yakni, 1) tahap perencanaan dan persiapan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap penulisan laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan laman cerdas berkarakter dalam pembelajaran menulis cerpen oleh siswa dinyatakan berhasil dengan nilai rata-rata 77,58 atau dibulatkan menjadi 78 dan termasuk kategori baik. Rata-rata tersebut dalam penilaian yang sudah dilakukan terdapat 7 dari total 29 siswa dengan presentase 24% meraih nilai dengan predikat baik sekali, 17 dari total 29 siswa dengan presentase 59% meraih nilai predikat baik, 3 dari total 29 siswa dengan presentase 10% meraih nilai dengan predikat cukup, sebanyak 2 dari total 29 siswa dengan presentase 7% meraih nilai dengan predikat kurang. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa laman cerdas berkarakter efektif dan memberi kemudahan untuk siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. Dari hasil penelitian disarankan kepada guru dalam pembelajaran menggunakan media agar dapat meningkatkan minat belajar siswa. Laman cerdas berkarakter dapat digunakan sebagai media pembelajaran menulis cerpen karena dengan menggunakan laman ini siswa termotivasi untuk menulis melalui video yang di tonton serta melihat poster yang menarik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: laman cerdas berkarakter, menulis, cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Dari
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:09
Last Modified: 04 Sep 2023 07:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55354

Actions (login required)

View Item View Item