Penerapan Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model PBL Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar

MUSTIKA, LAURA (2023) Penerapan Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model PBL Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Full_Laura Mustika_A1D119053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Mustika Laura. 2023. Penerapan Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model PBL Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd. (II) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan penerapan pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) melalui model PBL pada pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 131/IV Kota Jambi pada Mei 2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi keaktifan belajar siswa dan juga observasi guru yang menggunakan Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) melalui model PBL. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan peningkatan keaktifan belajar matematika siswa terlihat dari hasil lembar observasi pada siklus I pertemuan kedua keaktifan belajar peserta didik 65,74% dengan kategori cukup (C) kemudian menglami peningkatan lagi pada siklus II pertemuan kedua menjadi 82,22% dengan kategori baik (B). Pada siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti diperoleh sebesar 75%. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan keaktifan belajar matematika siswa pada materi bangun ruang di kelas V SDN/131 Kota Jambi mengalami peningkatan setelah diterapkan pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) melalui model PBL. Hal ini dibuktikan pada pertemuan terakhir pada siklus I persentase keaktifan belajar peserta didik yaitu 65,74% kemudian pada pertemuan terakhir pada siklus II persentase keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 82,22% dari jumlah peserta didik sebanyak 27 orang. Maka tindakan yang diberikan dengan penerapan pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) melalui model PBL berhasil dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TPACK, Keaktifan Belajar, Model PBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Mustika
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:02
Last Modified: 06 Sep 2023 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55392

Actions (login required)

View Item View Item