SARTIKA, DIANA (2023) PENGGUNAAN PENDEKATAN AKTIF MIKiR MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS III. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI DIANA SARTIKA_A1D119077_PENGGUNAAN PENDEKATAN AKTIF MIKiR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (197kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (341kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan aktif MIKiR dengan menggunakan media interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis dikelas III. Penelitian ini di lakukan di SD N 13/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, di mana data yang di ambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi aktivitas siswa, lembar aktivitas guru dengan pendekatan aktif MIKiR dengan menggunakan media interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan aktif MIKiR dengan menggunakan media interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis di kelas III. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian lembar observasi keterampilan menulis siklus I pertemuan I dan pertemuan II ini mengalami peningkatan sebanyak 5% lebih, hal ini terlihat dari hasil pengamatan siklus I pertemuan I persentase rata -rata persentase 41,03 % masih dalam kriteria cukup baik dan ini meningkat pesentasenya karena pada pertemuan II rata-rata persentase menjadi 46,73 % walaupun tetap dalam kategori cukup baik. Siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dimana dari persentase rata-rata nilai siswa pada siklus siklus II pertemuan I persentase rata -rata persentase 63,58 % masih dalam kriteria baik dan ini meningkat pesentasenya karena pada pertemuan II rata-rata persentase menjadi 75,54 % yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis penulis dapat menyimpulkan bahwa peningkatan ini terjadi karena siswa dan guru sudah saling beradaptasi dengan menggunakan media interaktif yang diterapkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan aktif MIKiR, media interaktif, keterampilan menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | sartika |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:12 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55430 |
Actions (login required)
View Item |