PENGGUNAAN PENDEKATAN AKTIF MIKiR MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS III

SARTIKA, DIANA (2023) PENGGUNAAN PENDEKATAN AKTIF MIKiR MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS III. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI DIANA SARTIKA_A1D119077_PENGGUNAAN PENDEKATAN AKTIF MIKiR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan aktif MIKiR dengan menggunakan media interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis dikelas III. Penelitian ini di lakukan di SD N 13/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, di mana data yang di ambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi aktivitas siswa, lembar aktivitas guru dengan pendekatan aktif MIKiR dengan menggunakan media interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan aktif MIKiR dengan menggunakan media interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis di kelas III. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian lembar observasi keterampilan menulis siklus I pertemuan I dan pertemuan II ini mengalami peningkatan sebanyak 5% lebih, hal ini terlihat dari hasil pengamatan siklus I pertemuan I persentase rata -rata persentase 41,03 % masih dalam kriteria cukup baik dan ini meningkat pesentasenya karena pada pertemuan II rata-rata persentase menjadi 46,73 % walaupun tetap dalam kategori cukup baik. Siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dimana dari persentase rata-rata nilai siswa pada siklus siklus II pertemuan I persentase rata -rata persentase 63,58 % masih dalam kriteria baik dan ini meningkat pesentasenya karena pada pertemuan II rata-rata persentase menjadi 75,54 % yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis penulis dapat menyimpulkan bahwa peningkatan ini terjadi karena siswa dan guru sudah saling beradaptasi dengan menggunakan media interaktif yang diterapkan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan aktif MIKiR, media interaktif, keterampilan menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: sartika
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:12
Last Modified: 07 Sep 2023 07:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55430

Actions (login required)

View Item View Item