ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MODIFIKASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

Zulfiati, Yulia Safitri (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MODIFIKASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Modifikasi Pada Materi Kesetimbangan Kelarutan Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA..

[img] Text
COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (315kB)

Abstract

Guru selalu menetapkan model pembelajaran yang akan digunakannya dalam kegiatan pembelajaran yang tertera dalam perangkat pembelajaran (RPP), namun dalam pelaksanaannya guru tidak melaksanakan sintaks dari model tersebut. Disisi lain siswa juga tidak mengikuti sintaks dari model yang diterapkan oleh guru. Sehingga, hasil belajar yang diperoleh tidak bisa dikatakan akibat dari model yang diterapkan. Tujuan pembelajaran pada saat ini sudah sampai pada level berpikir tingkat tinggi, salah satunya adalah berpikir kreatif yang dapat diperoleh dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Modifikasi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri Modifikasi pada materi kesetimbangan kelarutan dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Modifikasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada materi kestimbangan kelarutan. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dan diperoleh kelas XI MIA 2. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi antara penerapan model pembelajaran Inkuiri Modifikasi oleh siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penerapan model pembelajaran Inkuiri Modifikasi oleh siswa dapat mewakili penerapan model pembelajaran Inkuiri Modifikasi oleh guru dengan syarat kedua data bersifat normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata penerapan model pembelajaran Inkuiri Modifikasi oleh guru dan siswa sebesar 81,25% dan 77,86%. Pengujian hipotesis dihitung dengan menggunakan uji korelasi sehingga diperoleh rxy= 0,533 dengan tingkat hubungan pada kategorisedang dan dilakukan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05 didapat thitung > ttabel dimana thitung =3,832dan diperoleh ttabel =2,026. Dapat disimpulkan bahwa tedapat pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Modifikasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kesetimbangan kelarutan di kelas XI MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YULIA SAFITRI Z
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:11
Last Modified: 26 Sep 2018 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5549

Actions (login required)

View Item View Item