Maharani, Puan (2023) PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B-1 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) IV KOTA JAMBI. PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B-1 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) IV KOTA JAMBI.
Text
Puan Maharani Skripsi_compressed.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (214kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (233kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB 1-4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
Abstract
Pada kelompok B1 di TK ABA IV Kota Jambi dengan jumlah murid 16 orang yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 8 anak laki-laki, peneliti melihat bahwa perkembangan motorik halus yang dimiliki anak masih kurang berkembang dapat terlihat dalam beberapa kegiatan seperti beberapa anak yang belum bisa menggunakan gunting dengan benar, ada anak hanya menempel asal-asalan tidak sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru, menggunakan lem dengan sangat tebal, serta banyak anak-anak yang masih kurang mahir menggunakan jari mereka dalam menyelesaikan kegiatannya sehingga mereka cenderung meminta bantuan oleh guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sumber data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu hasil dari setiap siklus, peneliti membuat perbandingan persentase nilai anak sebelum tindakan dan sesudah tindakan menggunakan media loose part yang dilakukan untuk meningkatkan motorik halus anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan tindakan siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media loose part untuk meningkatkan motorik halus anak dapat meningkat dengan peningkatan yang sangat baik melebihi batas ketuntasan 80% yaitu 89.26%. Sebelum adanya tindakan, motorik halus anak sudah mulai berkembang tetapi pada siklus I sudah mulai berkembang. Peningkatan dari siklus I pertemuan ke-1 42.77%, siklus I pertemuan ke-2 anak mulai bersemangat membuat pesawat dari kardus 44.34%, siklus I pertemuan ke-3 46.48% anak mulai mampu meniru kegiatan yang dicontohkan oleh guru, siklus II pertemuan ke-1 anak sudah mampu melakukan gerak tangan saat menghias kegiatannya 58.98%, siklus II pertemuan ke-2 anak sudah mampu menyelesaikan kegiatannya dengan kreatif 78.32%, siklus II pertemuan ke-3 anak sudah mampu melakukan eksplorasi dengan berbagai media loose part yang sudah disediakan 89.26%.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Maharani |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 08:27 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 08:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55503 |
Actions (login required)
View Item |