ISROWIYAH, RATI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOG BERBASIS PENINGGALAN SEJARAH LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (120kB) |
|
Text
BABV.pdf Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (432kB) |
|
Text
RATI ISROWIYAH NIM A1A219051.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dari hasil penelitian di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Muaro Jambi, bahwa guru menggunakan beberapa cara agar siswa menjadi aktif, namun sebagaimana siswa masih ada yang berbicara dan menganggu teman ketika pembelajaran sedang berlangsung dan kurangnya keberani siswa dalam menggemukakan pendapat. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk melakukan upaya dalam mengembangan media pembelajaran vlog berbasis peninggalan sejarah lokal. Media Pembelajaran Vlog Berbasis Peninggalan Sejarah Lokal menjadi salah satu untuk dapat mengatasi permasalah yang terdapat pada kreativitas siswa. Penelitian ini didesain dengan menggunakan model ASSURE: Analisis karakteristik peserta didik (analyze learner characteristic), Menetapkan Tujuan Pembelajaran (state performance objective), Memilih metode, media, dan materi (select media, and materials.), Pemanfaatan Bahan dan Media Pembelajaran (utilize materials), Melibatkan Peserta Didik Dalam Proses Belajar (requires learner participation), Evaluasi dan Revisi (evaluate and revise). Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Muaro Jambi yang berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah: 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran vlog berbasis peninggalan sejarah lokal. 2) sedangkan untuk mengetahui efektivitas dan peningkatan kreativitas siswa, diproleh hasil validasi ahli media masuk dalam kategori Sangat Layak Sebesar 90%, dan validasi ahli materi masuk dalam kategori Sangat Layak Sebesar 95% kemudian diuji coba kepada siswa. Hasil dari perhitungan data menggunakan SPSS V25 diperoleh hasil perhitungan pre test dan post test didapatkan bahwa nilai tHitung < tTabel yakni 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat keefektifan atau peningkatan pada kreativitas siswa dikelas XI IPS 1. Untuk menghitung peningkatan kreativitasnya dapat dihitung menggunakan rumus katrol nilai secara adil, yang mana pada test pre test berjumlah 84 dan pada test pos test berjumlah 89 dari hasil test pre test dan post test tersebut memiliki jumlah peningkatan sebesar 5 point. Sehingga media ini dapat dikatakan mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah khususnya dikelas XI IPS 1 SMA N 11 Muaro Jambi. Kata Kunci: Media Pembelajaran vlog, Efektivitas media vlog untuk meningkatkan kreativitas siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pembelajaran vlog, Efektivitas media vlog untuk meningkatkan kreativitas siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | ISROWIYAH |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:25 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55505 |
Actions (login required)
View Item |